Home » Rekanan Tak Profesional, APBD Nunukan Tak Terserap

Rekanan Tak Profesional, APBD Nunukan Tak Terserap

NUNUKAN, GERBANGKALTIM.COM.—Daya serap Pemkab Nunukan terhadap bantuan APBD Provinsi 2012 tergolong kurang. Mengapa?
Asisten II Sekkab Nunukan Hanafiah mengatakan, dana bantuan keuangan Provinsi Kaltim 2012 sebesar Rp 85 miliar lebih untuk Nunukan, terdiri dari alokasi APBD murni Rp 66 miliar lebih dan APBD Perubahan Rp 18 miliar lebih.
Banyaknya progam yang tidak terealisasi disebabkan hal-hal di luar perencanaan. Karena itu, ke depan pihaknya akan lebih selektif dalam memilih pemenang tender dan akan merancang segala kemungkinan yang terjadi agar dapat diatasi.
Ada beberapa proyek yang tidak dapat dilaksanakan karena tidak profesionalnya rekanan. Di antaranya, peningkatan jalan dalam kota di Mansalong yang mendapat dana bantuan Rp 1 miliar tidak terlaksana, karena pemenang lelang tidak memiliki alat.
Selain itu, proyek peningkatan jalan di Pembeliangan yang juga mendapat alokasi dana Rp 1 miliar juga terkendala alat tidak tersedia. Letak geografis Nunukan juga menjadi persoalan besar bagi para kontraktor dalam mendatangkan alat. Sebab, alat hanya dapat diangkut dengan transportasi udara. Kendati telah berpengalaman, tapi banyak juga tidak mampu, kata Hanafiah.
Ia mengisyaratkan, rekanan tak berani mengambil risiko, karena jika tetap dikerjakan, kerugian bakal menanti rekanan yang mengerjakan proyek ini.
Menurutnya, pemkab ke depan akan membuka lelang hingga skala nasional, bahkan luar negeri. Supaya program bisa terlaksana tepat waktu, efisien, dan tepat sasaran. Sekadar diketahui, dalam kunjungan kerja Komisi Gabungan DPRD Kaltim ini terdiri dari Ahmad Abdullah, Leliyanti Ilyas, Masitah, Arsyad Thalib, dan Andarias P Sirenden. (adv/bar/ri/met)
Sumber: Tim Media DPRD Kaltim

Check Also

Pedagang Dapat Modal Tanpa Agunan

#KaloRusmadiGubernurnya Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Tak perlu menggadai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atawa BPKB. Demikian tagline salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.