Home » Rel Kereta Api Prioritas Tambang dan Perkebunan

Rel Kereta Api Prioritas Tambang dan Perkebunan

markasberita.com

SAMARINDA- Kementerian Perhubungan berharap sistem transportasi kereta api tidak hanya ada di Pulau Jawa dan Sumatra. Di Kalimantan pun diharapkan dapat merintis proyek pembangunan rel kereta api.

Menurut rencana, jalur kereta api yang akan dibangun melingkupi beberapa daerah di Kaltim ini nantinya akan tersambung dengan wilayah Kalimantan lainnya. Sebab, ditargetkan  jalur kereta api ini akan menjadi jalur trans Kalimantan.
Menanggapi masalah ini, Anggota DPRD Komisi III H.A. Jawad Siradjuddin mengatakan, ”Saya sangat mendukung sekali adanya rencana pembangunan transportasi kereta api di Kaltim. Mungkin transportasi ini akan diprioritaskan terlebih dahulu pada kegiatan pengangkutan hasil tambang dan perkebunan.”
“Tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Kalimantan Timur khususnya produksi tambang batu-bara dan perkebunan kelapa sawit masih menggunankan jalan umum, sehingga perlu adanya transportasi model baru di Kaltim. Dengan adanya transportasi ini maka terjawab sudah permasalahan yang ada di Kaltim,” tambahnya.
Soal kapan ini bisa direalisasikan Anggota Komisi III ini menambahkan, ”Seharusnya bisa secepatnya terealisasi. Karena Menteri Perhubungan dan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak sudah setuju dengan diadakanya transportasi baru ini. Tinggal kita tunggu saja anggarannya. Kita juga akan mencari para investor asing yang mau diajak bekerja sama. Mereka pasti ingin menanamkan modalnya karena daerah ini sangat potensial dan menjanjikan,” tambahnya. (adv/eno/dhi/met)
Sumber: Tim Media DPRD Kaltim

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.