Home » Ribuan Penumpang Laut Balikpapan Tiduran di Pelataran Pelabuhan

Ribuan Penumpang Laut Balikpapan Tiduran di Pelataran Pelabuhan

Balikpapan –

Sebanyak ribuan penumpang kapal laut Pelabuhan Semayang Balikpapan Kalimantan Timur, Minggu (21/8) pukul 03.00 Wita terpaksa harus tiduran beratap langit sembari menunggu kedatangan kapalnya. Mereka ini adalah para penumpang KM Doroloda yang hanya butuh setengah hari perjalanan rute Balikpapan – Surabaya.

“Kami datang dari Bontang untuk pulang kampung tujuan Surabaya. Karena datang sore terpaksa tidur di pelataran karena ruangan pelabuhan sudah penuh,” kata Joko  Sulistyo, penumpang kapal laut Balikpapan.

Para penumpang kapal laut terpaksa tiduran di pelataran parkir Pelabuhan Semayang yang penuh dengan sampah masyarakat. Para penumpang tidak kuasa menahan kantuk sembari menunggu pemberangkatan kapal yang butuh waktu hampir 10 jam di Pelabuhan Semayang.

Media memperkirakan sedikitnya terdapat 4 ribu penumpang kapal laut yang terangkut KM Dorolonda. Selama sepekan terakhir, Pelabuhan Semayang sudah memberangkatkan tiga kapal laut yaitu KM Madani, KM Farina dan KM Safira.

Kantor Administrasi Pelabuhan Laut Semayang Balikpapan memprediksi arus arus mudik penumpang kapal laut 32.920 penumpang. Kondisi ini terjadi setiap tahun pada masyarakat golongan ekonomi menengah kebawah.

Jumlah penumpang arus mudik tersebut terbilang kecil dibandingkan kapasitas daya angkut kapal laut yang mencapai ribuan penumpang. Peningkatan penumpang laut arus mudik tidak terlalu mempengaruhi kuantitas keberangkatan kapal di Pelabuhan Semayang.

Pelabuhan Semayang hanya menambah satu kapal pelayaran dari kondisi normal 14 kali keberangkatan kapal. Pelabuhan Semayang melayani transportasi keberangkatan kapal tujuan Surabaya, Makassar, Tarakan, Toli Toli, Nunukan, Bau Bau dan Ambon.

Sebanyak lima perusahaan pelayaran telah menyatakan kesiapannya dalam layanan transportasi laut yaitu PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan, PT Pelayaran Indonesia, PT Primavista, Darma Lautan Utama dan PT Jembatan Madura. Masing masing perusahaan menyiapkan 3 hingga 4 kapal yang mempunyai kapasitas daya tampung maksimal hingga 2 ribu penumpang.

Pelabuhan Semayang juga telah menyiapkan Posko Gabungan Lebaran yang terdiri personil TNI/Polri, Pemerintah Kota Balikpapan, personil pelabuhan, kesehatan dan SARS. Keberadaanya sebagai antisipasi lonjakan jumlah penumpang mudik serta kriminalitas di kawasan pelabuhan Balikpapan.

Check Also

Pedagang Dapat Modal Tanpa Agunan

#KaloRusmadiGubernurnya Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Tak perlu menggadai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atawa BPKB. Demikian tagline salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.