Home » GerbangNews » Ribuan Perusahaan Bayar UMK Rp 2,6 Juta
Para pencari kerja

Ribuan Perusahaan Bayar UMK Rp 2,6 Juta

Kepala Disnaker Balikpapan,
Tirta Dewi.

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- lebih dari 4000 perusahaan yang ada di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), diminta untuk melaksanakan penerapan Upah Minimum Kota (UMK) sebesesar 2,6 juta rupiah lebih. Pembayaran UMK ini terhitung sejak 1 Januari 2018.

Selain itu, semua peusahaan harus menyampaikan laporannya paling lambat 7 Februari 2018.  Bagi perusahaan yang tidak melaksanakan penerapan ini akan ternacam kurungan badan atau denda maksimal 400 juta sesuai ketentuan yang berlaku.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Balikpapan, telah menyampaikan surat kepada 4000 lebih perusahaan di Balikpapan, agar menerapkan UMK sebesar 2.617.736,8 rupiah. Angka ini naik sebesar 8,7 persen dari tahun lalu.  Pemberlakuan ini menyusul telah diterbitkannya  SK Gubernur Kaltim tentang penerapan Upah Minimum Provinsi (UMP) Kaltim.

Pelaksanaan UMK Balikpapan ini sendiri akan dimulai per 1 Januari 2018. Untuk itu kepada 4000 lebih perusahaan yang ada di Kota Balikpapan, agar bisa menyampaikan pelaporannya tentang pelaksanaan umk tersebut paling lambat tanggal 7 Februari 2018 mendatang.

Kepala Disnaker Balikpapan,  Tirta Dewi, mengatakan bagi perusahan yang melanggar aturan ini bisa dikenakan sanksi. Bisa berupa kurungan badan atau membayar denda setinggi-tingginya 400 juta rupiah.

“Pekerja agar bisa melaporkan kepada petugas pengawas Dinasker Provinsi Kaltim, jika memang menemukan perusahaan yang tidak melaksanakan aturan ini. Selanjutnya, pengawas akan mengeluarkan nota untuk tindakan berupa sanksi yang akan diberikan nantinya,” kata Kadisnaker  Tirta Dewi. (hm/sh)

 

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.