Home » Rini Puspa: Dekati Pemilu, Rakyat Lebih Cerdas

Rini Puspa: Dekati Pemilu, Rakyat Lebih Cerdas

SAMARINDA, GERBANGKALTIM.COM,— Kaltim tengah bersiap untuk pelaksanaan pesta demokrasi. Baik Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), sampai Pemilihan Presiden (Pilpres).  Kebijaksanaan dalam menetapkan pilihan oleh masyarakat sangat dibutuhkan. Terutama bagaimana memahami peraturan pemilihan sebagai warganegara dan bagaimana kondisi politik di daerah. Hal itulah yang juga menjadi perhatian DPRD Kaltim.
“Masyarakat harus bersikap cerdas menggunakan haknya dalam setiap Pemilihan Umum di daerah. Dalam artian juga mengenal baik siapa figur yang akan didukung dan memahami bagaimana aturan main saat mengikuti pemilihan itu,” ungkap Anggota DPRD Kaltim Maria Margaretha Rini Puspa.
Wakil rakyat yang akrab disapa Rini ini juga mengapresiasi bagaimana isu politik yang berkembang juga sudah bisa di pahami dan didiskusikan masyarakat.
”Pemahaman politik di kalangan masyarakat terutama menjelang Pilkada 2013 dan Pileg 2014 sebenarnya sudah positif. Namun tetap saja harus terus ada upaya memberikan pemahaman, pembelajaran politik itu lebih luas dan detail lagi,” kata politisi PDS dari Dapil II (Balikpapan, Paser dan PPU) ini.
Rini menambahkan, ia juga berusaha memberikan pandangan-pandangan bahwa memahami politik merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal itu yang terus ia lakukan setiap kali turun ke masyarakat seperti saat reses.
“Saya biasanya lakukan sharing bagaimana masyarakat harus menjadi pemilih cerdas dan tidak sekadar memilih kucing dalam karung. Harus paham dan yakin pada figur yang bisa mengayomi dan benar-benar pro rakyat,” bebernya lagi.
Rini tak ingin pilihan masyarakat terpaku pada branding instan saja. Semangat saat mengumbar janji tapi kemudian menghilang setelah terpilih. “Itulah figur yang hanya memanfaatkan kepolosan warga. Biasanya dengan money politik,” kata Rini.
Dari situlah Rini berharap perekrutan Caleg ataupun pemimpin harus benar-benar melalui fit and proper test yang kompeten, harus berlatar belakang pro rakyat dan terpercaya.
“Masyarakat kini semakin terbuka terhadap politik, ini bukti nyata bahwa mereka sudah berpikir cerdas dalam penentuan pilihan. Tinggal bagaimana sistem perekrutan harus benar-benar dibenahi, bagaimana menciptakan kader-kader yang baik, berintegritas dan bermoral,” paparnya. (adv/lia/dhi/met)
Sumber: Tim Media DPRD Kaltim

Rini Puspa: Dekati Pemilu, Rakyat Lebih CerdasSAMARINDA, GERBANGKALTIM.COM,— Kaltim tengah bersiap untuk pelaksanaan pesta demokrasi. Baik Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), sampai Pemilihan Presiden (Pilpres).  Kebijaksanaan dalam menetapkan pilihan oleh masyarakat sangat dibutuhkan. Terutama bagaimana memahami peraturan pemilihan sebagai warganegara dan bagaimana kondisi politik di daerah. Hal itulah yang juga menjadi perhatian DPRD Kaltim. “Masyarakat harus bersikap cerdas menggunakan haknya dalam setiap Pemilihan Umum di daerah. Dalam artian juga mengenal baik siapa figur yang akan didukung dan memahami bagaimana aturan main saat mengikuti pemilihan itu,” ungkap Anggota DPRD Kaltim Maria Margaretha Rini Puspa. Wakil rakyat yang akrab disapa Rini ini juga mengapresiasi bagaimana isu politik yang berkembang juga sudah bisa di pahami dan didiskusikan masyarakat. ”Pemahaman politik di kalangan masyarakat terutama menjelang Pilkada 2013 dan Pileg 2014 sebenarnya sudah positif. Namun tetap saja harus terus ada upaya memberikan pemahaman, pembelajaran politik itu lebih luas dan detail lagi,” kata politisi PDS dari Dapil II (Balikpapan, Paser dan PPU) ini.Rini menambahkan, ia juga berusaha memberikan pandangan-pandangan bahwa memahami politik merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal itu yang terus ia lakukan setiap kali turun ke masyarakat seperti saat reses. “Saya biasanya lakukan sharing bagaimana masyarakat harus menjadi pemilih cerdas dan tidak sekadar memilih kucing dalam karung. Harus paham dan yakin pada figur yang bisa mengayomi dan benar-benar pro rakyat,” bebernya lagi.Rini tak ingin pilihan masyarakat terpaku pada branding instan saja. Semangat saat mengumbar janji tapi kemudian menghilang setelah terpilih. “Itulah figur yang hanya memanfaatkan kepolosan warga. Biasanya dengan money politik,” kata Rini.Dari situlah Rini berharap perekrutan Caleg ataupun pemimpin harus benar-benar melalui fit and proper test yang kompeten, harus berlatar belakang pro rakyat dan terpercaya.“Masyarakat kini semakin terbuka terhadap politik, ini bukti nyata bahwa mereka sudah berpikir cerdas dalam penentuan pilihan. Tinggal bagaimana sistem perekrutan harus benar-benar dibenahi, bagaimana menciptakan kader-kader yang baik, berintegritas dan bermoral,” paparnya. (adv/lia/dhi/met)Sumber: Tim Media DPRD Kaltim

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.