Home » GerbangNews » RPK Paser Dilarang Memasang Iklan Selama Percobaan

RPK Paser Dilarang Memasang Iklan Selama Percobaan

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Propinsi Kaltim Suwarno mengatakan Radio Pemerintah Kabupaten (RPK) Paser dilarang diperkenankan memasang iklan komersil selama masa percobaan enam bulan.

“RPK Paser dilarang menerima iklan komersil selama masa percobaan enam bulan” kata Suwarno saat menghadiri acara penyerahan Ijin Prinsip Penyiaran (IPP) RPK Paser di Samarinda, Selasa (9/8).

“Kecuali iklan layanan masyarakat baru diperbolehkan”

Acara penyerahan IPP tersebut dihadiri Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Wakil Bupati Paser Mardikansyah, Wakil Ketua DPRD Paser Layhief Thaha, perwakilan Diskominfo Kaltim, Kepala Diskominfo Paser Muslih, danJajaran Komisioner KPID Kaltim di ruang rapat Gubernur.

Selain itu pula lanjut Suwarno, KPID meminta kepada RPK Paser selama masa percobaan tersebut untuk memerhatikan kualitas konten siaran.

“Yang terpenting selama masa percobaan adalah kualitas konten siaran diantaranya dua puluh persen muatan lokal” ujar Suwarno.

Sebelum RPK mendapatkan Ijin tetap, lanjut ia, kualitas SDMnya pun perlu diberikan penataran.

“Nanti kami akan berkoordinasi lagi dengan pihak RPK Paser untuk memberikan penataran terkait penyiaran” ujar Suwarno.

Hal itu dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada SDM dari RPK, sebagai media corong pemerintah, agar tidak melakukan kesalahan saat proses penyiaran.

“Jangan sampai ada kesalahan dalam penyiaran baik itu yang tidak sengaja ataupun disengaja, yang bisa merugikan pihak lain dan mengakibatkan pencemaran nama baik orang lain” kata Suwarno.

“Apalagi kalau sampai ada tiba-tiba masyarakat menyudutkan pemerintah saat siaran” imbuhnya.

Selama masa percobaan enam bulan ini kata Suwarno, RPK Paser diberikan waktu untuk dapat mempersiapkan segala persyaratan untuk menuju tahap ijin tetap.

“Akan ada waktu tambahan bila enam bulan tidak siap atau layak untuk ijin tetap. Tapi kalau waktu yang diberikan juga belum memenuhi kriteria penilaian, terpaksa Ijin Prinsip Penyiaran yang sudah diberikan akan dicabut” pungkas Suwarno.(jya)

Check Also

Warga Liang Ulu Dukung Rusmadi-Safaruddin

Kota Bangun, GERBANGKALTIM.COM,- Sebagian warga Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *