Home » Gerbang Health » Rumah Sakit dan Puskesmas di Balikpapan Layani Pembuatan Akta Kelahiran Gratis

Rumah Sakit dan Puskesmas di Balikpapan Layani Pembuatan Akta Kelahiran Gratis

chairil-anwar
Chairil Anwar

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Pemerintah Kota Balikpapan mengeluarkan Peraturan Walikota Balikpapan Nomor 36 Tahun 2014 mengenai persyaratan dan tata cara pelayanan akta kelahiran secara online di rumah sakit dan Puskesmas di Balikpapan.

“Perwali ini dikeluarkan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan pelayanan akta kelahiran di rumah sakit dan Puskesmas,” papar Chairil Anwar Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan dalam sosialisasi perwali ke sejumlah perwakilan rumah sakit, rumah sakit bersalin dan Puskesmas di ruang rapat Discapilduk Balikpapan.

Chairil menerangkan dengan diterbitkannya perwali pelayanan akta kelahiran di rumah sakit dan Puskesmas maka masyarakat akan dimudahkan dalam membuat akta kelahiran bagi orangtua setelah anaknya lahir, yang rencananya akan diresmikan pada 10 Februari 2015 oleh Walikota Balikpapan.

“Di Balikpapan ada 11 rumah sakit dan 7 Puskesmas yang akan melayani pembuatan akta kelahiran online gratis dan pelayanan akan dilakukan oleh personel rumah sakit, Puskesmas yang sebelumnya mereka akan diberikan pelatihan terdahulu bagaimana memadukan data secara online,” ujarnya Kamis (29/8/2015).

Menurut Chairil, pelayanan akta kelahiran ini salah satu pelayanan prima pemerintah untuk masyarakat dan pelayanan seperti ini baru ada di Balikpapan untuk Kalimantan Timur. Sementara di Indonesia sudah kota Solo dan Sleman.

“Adapun persyaratan pembuatan akta kelahiran ini di antaranya surat kelahiran yang terdapat di dalam buku KIA dan ditandatangani dokter, bidan atau penolong kelahiran yang dibubuhkan cap stempel setempat, foto copy kartu keluarga orangtua anak, foto copy kartu tanda penduduk (KTP), foto copy akta perkawinan orang tua anak, surat pernyataan anak ibu bagi yang tidak memiliki akta perkawinan dan formulir pendaftaran,” tambahnya. (fey-gk)

Keterangan Foto: Suasana sosialisasi pembuatan akta kelahiran gratis yang dihadiri perwakilan rumah sakit dan puskesmas. (fey-gk).

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.