Home » GerbangNews » Rusmadi, “Demi Rakyat Apapun Saya Lakukan”
Cagub Kaltim Rusmadi, menyapa pendukungnya di di Balai Pertemuan Umum Kampung Jambuk Makmur, Bongan, Kabupaten Kutai Barat, Senin (14/5/2018).

Rusmadi, “Demi Rakyat Apapun Saya Lakukan”

Bongan, GERBANGKALTIM.COM,-

Calon gubernur (cagub) Kalimantan Timur (Kaltim) nomor urut 4 yang berpasangan dengan calon wakil gubernur (cawagub) Safaruddin menyatakan pembelaanya terhadap masyarakat Benua Etam. Menurutnya, apapun akan dilakukan demi rakyat.

“Yang jelas, Rusmadi akan bela kepentingan rakyat. Apapun akan saya lakukan demi rakyat. Apa yang terkandung di dalam bumi dimanfaatkan untuk kepentingan negara dan rakyat,” ujar Rusmadi, saat berbicara dihadapan sekitar 300 warga di Balai Pertemuan Umum Kampung Jambuk Makmur, Bongan, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Senin (14/5/2018).

Rusmadi mengakui, harga komoditi di Bongan atau daerah manapun akan dibeli oleh pedagang dengan harga murah, karena akses jalan rusak. Sebab, ketika akses jalan rusak, maka dampaknya adalah biaya angkut akan bertambah. Itu sebabnya, jalan produksi harus bagus.

Akses jalan produksi menjadi perhatian calon gubernur Kaltim, Rusmadi Wongso, saat bertemu dengan masyarakat Kecamatan Bongan. Kepada warga dari 16 kampung di kecamatan perbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) itu, mantan Sekdaprov yang berpasangan dengan cawagub Irjen Pol (Purn) Safaruddin akan mengedepankan akses jalan penunjang produksi yang menjadi kebutuhan rakyat.

Rusmadi mengakui, harga komoditi di Bongan atau daerah manapun akan dibeli oleh pedagang dengan harga murah karena akses jalan rusak. Sebab ketika akses jalan rusak, maka dampaknya adalah biaya angkut akan bertambah. Itu sebabnya, jalan produksi harus bagus.

Strategi yang dilakukan Rusmadi-Safaruddin jika kelak menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim dengan membangun kemitraan dengan pemerintah kabupaten/kota. Semua usaha perlu dilakukan, terutama untuk mengatasi ketersediaan anggaran perbaikan jalan.

Selain pemerintah, perlu juga melibatkan dana CSR (Corporate social responsibility) dari perusahaan disekitar daerah tersebut. “Pemerintah daerah harus punya tanggung jawab dan perhatian yang sungguh-sungguh. Sebab jika jalan rusak tidak segera diperbaiki, akan semakin rusak,” katanya.

Dalam pertemuan itu, Rusmadi didampingi politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang duduk di DPRD Kaltim, Martinus. Ada juga dua Wakil Rakyat Kubar dari PDI Perjuangan, yakni Bartolomeus Iku dan Sartini. Sedangkan dari Partai Hanura yang juga pengusung pasangan Rusmadi Wongso dan Safaruddin, diwakili Yustinus Agus.

“Saya akan bicara dengan bupati soal jalan rusak. Cukupkah anggaran untuk beli alat berat untuk standby (siaga) di tiap jalan produksi? Alat berat perlu siap setiap saat, kalau rusak langsung diperbaiki. Bupati bisa siapkan material. Intinya, jika jalan tidak bagus, bagaimana bisa ekonomi bagus,” sambung Rusmadi.

Saat diberi kesempatan untuk bertanya atau menyampaikan saran dan ide, ada dua tokoh yang meminta waktu untuk berbicara. Pertama adalah Abdul Jais, warga Kampung Muara Kedang, Bongan. Ia meminta selaku Gubernur Kaltim, nantinya Rusmadi akan membangun atau meningkatkan kualitas jalan darat di Kubar.

“Kami butuh perbaikan jalan yang hanya 4 kilometer sudah aspal beton. Dan di Kampung Muara Kedang hanya mengerjakan  700 meter,” kata pria yang sepermainan Rusmadi di masa kecil. Kedua, Sutimo yang pernah menjabat Kepala Kampung Siram Jaya selama dua periode kepemimpinan.

“Tolong jangan lihat yang di bagian luar (tepi jalan raya) saja. Di dalam juga banyak manusia pak. Lihat Siram Jaya, Siram Makmur dan kampung lain lagi, butuh listrik. Sebagai warga transmigrasi, banyak tanah tumpang tindih, tolong difasilitasi. Di sini mayoritas PDIP, bapak akan menang,” ujarnya.

Menanggapinya, Rusmadi menilai apapun persoalan rakyat  menjadi tugas dan kewajiban gubernur dan bupati serta para anggota DPRD. “Maka pilihlah DPRD yang cinta rakyat dan paham kebutuhan daerah. Jika dewan mengusulkan, maka gubernur akan setujui dan tandatangan. Pilihlah dewan yang mau menyelesaikan persoalan rakyat,” pesannya disambut riuh tepuk tangan warga.

Dijelaskan, dari 841 desa di Kaltim, masih ada 32 desa belum menikmati listrik dari PLN. “Sabar ya, tunggu Rusmadi jadi gubernur, baru selesai itu. Saya sudah programkan sampai tahun 2023 sudah 100 persen desa dialiri listrik dan air bersih juga. Insya Allah Rusmadi akan selesaikan persoalan itu,” tegasnya.

“Jalan Samarinda-Kubar sekarang sudah bagus, tidak lepas dari kerja keras sewaktu saya mendampingi Gubernur Kaltim sebagai Kepala Bappeda. Memang sekarang rusak lagi. Nanti Rusmadi jadi gubernur, jalan akan kita buat lebih bagus.Jika diberi amanah, saya upayakan beri yang terbaik bagi Kaltim,” pungkas Rusmadi. #4trs

Check Also

Rusmadi, “Saya Malu Samarinda Banjir”

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Soal banjir yang makin dikeluhkan masyarakat Kota Samarinda,  Rusmadi menceritakan pengalamannya, bahwa jika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *