Home » GerbangNews » RUSMADI FUNGSIKAN KEMBALI RSI SELILI

RUSMADI FUNGSIKAN KEMBALI RSI SELILI

Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Jika masyarakat mempercayai pasangan calon (paslon) Rusmadi-Safaruddin menjadi gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), dalam tiga bulan menjabat, akan “menghidupkan” kembali Rumah Sakit Islam (RSI) di Selili yang selama ini dianggap mati suri alias tidak berfungsi.

Cagub Kaltim Rusmadi bersama pendukungnya.

“Insya Allah, saya ketika diberi amanah menjadi gubernur Kaltim, pada tiga bulan pertama akan menyelesaikan masalah Rumah Sakit Islam di Selili, agar bisa dibuka dan melayani masyarakat Gunung Manggah,” jelas Rusmadi ketika bersilaturahmi dengan warga Buton di Gunung Manggah, Samarinda Ilir, Minggu (29/4/2018).

Ditutupnya rumah sakit yang telah puluhan tahun beroperasi itu, memukul warga sekitar yang berdekatan dengan RS Islam di Jalan Gurami, terutama warga Buton di Gunung Manggah. Karena sekarang, mereka harus lebih jauh menjangkau rumah sakit terdekat jika terjadi sesuatu kepada mereka.

Rumah Sakit Islam selain melayani warga Gunung Manggah, juga dibutuhkan warga Sungai Dama, Gunung Steleng dan sekitarnya. “Saya tidak sejalan dengan keputusan yang akhirnya membuat Rumah Sakit Islam tutup,” ujar Rusmadi. Calon gubernur Kaltim ini mengaku, masa kecilnya sebagian dihabiskan bersama-sama warga Buton yang banyak mendomisili di Gunung Manggah, Samarinda Ilir.

“Saya masih kecil sering main di gunung manggah,” kata Rusmadi yang pernah menjabat Kepala Sekolah Tunas Kelapa dan Sekolah Kosgoro. Rusmadi kecil bersama orangtuanya tinggal di Gang Apel Sungai Dama yang bertetanggaan dengan Gunung Manggah.

Karena itu, Dia merasakan bagaimana warga sekitar Gunung Manggah maupun Sungai Dama merasa kehilangan dengan tutupnya Rumah Sakit Islam. Sambil bernostalgia dengan warga Buton yang berasal dari Sulawesi Tenggara, Rusmadi menyelipkan program unggulan yang sudah disusunnya ketika kelak menjadi gubernur dan wakil gubernur Kaltim 2018-2023.

Program itu bernama “Kaltim Bermartabat” dengan Dasacita atau 10 program kerja, diantaranya adalah Kaltim Cerdas. Dalam program Kaltim Cerdas Rusmadi akan menyalurkan beasiswa dan wajib sekolah 12 tahun bagi anak-anak. Dia mengajak warga Buton untuk menyekolahkan anak-anak mereka setinggi mungkin, dengan memanfaatkan fasilitas yang nanti diberikan pemerintah berupa beasiswa.

“Saya berjanji memberi bea siswa terutama bagi anak-anak masyarakat gunung Manggah yang berprestasi dan yang kondisi ekonominya tidak mampu. Anak-anak harus sekolah wajib 12 tahun dan kalau orangtuanya tidak mampu nanti dibiayai pemerintah,” kata Rusmadi yang lahir di kota Samarinda, 30 Oktober 1962.

Selain soal beasiswa yang bisa dimanfaatkan warga Buton meraih cita-cita, Rusmadi juga mengatakan pada tahun pertama ketika mendapat amanah Gubernur Kaltim, masyarakat harus memiliki kartu BPJS.

Rusmadi memberi apresiasi masyarakat Gunung Manggah yang semangat bekerja dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, Rusmadi juga memuji masyarakat Buton dalam memelihara budayanya.

“Saya disambut tarian mangaru dan pencak silat khas Buton. Ini bertanda masyarakat Buton sangat cinta dengan budaya yang juga pasti mencintai leluhur kita,” ujar Rusmadi.

Rusmadi juga akan berusaha membantu masyarakat gunung Manggah dengan memperbaiki bangunan pertemuan. “Insya Allah, nanti lebih megah tempat pertemuan ini,” katanya.

Kepada remaja Gunung Manggah, Rusmadi juga menyemangati agar rajin belajar dan meraih cita-cita. “Saya anak tukang las tapi bisa menjadi dosen lalu menjadi Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim karena belajar dengan menempuh pendidikan,” katanya. #4trs

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.