Home » GerbangNews » Rusmadi- Safaruddin Realisasikan Program 5000 WiFi

Rusmadi- Safaruddin Realisasikan Program 5000 WiFi

Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,-

Perubahan Kalimantan Timur (Kaltim) menuju “Kaltim Bermartabat” tinggal menunggu waktu. Melalui teknologi, Rusmadi Wongso dan Irjen Pol (Purn) Safaruddin, dipastikan akan merealisasikan program 5000 WiFi untuk membuka akses jaringan internet secara gratis di seluruh Benua Etam.

Adanya Wifi gratis, paling tidak bakal membuat anak-anak muda tertolong dan tidak menjadi “fakir kuota”. Dengan demikian, kreatifitas bisa berjalan tanpa hambatan tidak punya paket data internet.

Cagub Rusmadi menjelaskan, penetrasi dari program 5 ribu Wifi ini sejatinya menitik beratkan pada pembangunan Kaltim dari desa ke kota. Artinya, informasi yang selama ini terpendam di pelosok Kaltim, akan dengan terdistribusi ke kota maupun kemasyarakat dunia. Begitu juga sebaliknya, warga di desa akan dapat menggali informasi mengenai usaha dan pasar di mancanegara.

“Program Kaltim Bermartabat ini intinya saling terkait satu dengan yang lain, jadi enggak sekadar program yang berdiri sendiri, tapi ada sinergi. Tidak mungkin program UMKM (misalnya, Red.) berjalan maksimal tanpa ada support teknologi seperti WiFi untuk digital market-nya. Ini cuma salah satu contoh,” urainya, Jumat 15 Juni 2018.

Pemasangan 5000 WiFi ini, tutur Rusmadi, memiliki beberapa maksud. Diantaranya, menyokong kebutuhan masyarakat dibeberapa sektor, memperbaiki layanan pemerintahan via online, dan sebagainya.

“Seperti yang saya katakan tadi, semua program Kaltim Bermartabat itu saling terhubung. Keberadaan WiFi juga menunjang industri kreatif di Kaltim sebagai sektor baru potensial. Termasuk sektor pariwisata Kaltim yang potensial menjadi pengasil devisa,” ungkapnya.

Bicara soal data, dalam skala Kalimantan ada 72,19 persen pengguna internet pada 2017. Pertumbuhan pengguna internet secara nasional sendiri mencapai 143,26 juta tahun lalu.

Sayangnya, penetrasi pengguna internet berdasarkan karakter kabupaten/kota sangat jomplang. Presentasenya 72,41 persen untuk masyarakat urban. Sementara untuk rural-urban 49,49 persen dan rural 48,25 persen. “Masyarakat Kaltim, pastikan tanggal 27 Juni pergi ke TPS dan raih perubahan itu dengan mencoblos nomor empat,” ucap Rusmadi. #4trs

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.