Home » GerbangNews » Rusmadi, “Saya Malu Samarinda Banjir”
Salah satu lokasi banjir di Samarinda.

Rusmadi, “Saya Malu Samarinda Banjir”

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,-

Soal banjir yang makin dikeluhkan masyarakat Kota Samarinda,  Rusmadi menceritakan pengalamannya, bahwa jika diseriusi dan fokus untuk mengatasi banjir, pasti bisa ada jalan keluarnya. Saking “akrabnya” genangan air di Ibukota Kalimantan Timur (Kaltim) itu, calon gubernur yang berpasangan dengan Safaruddin ini, mengaku malu.

“Saya malu juga kalau Kota Samarinda ini banjir. Inilah tanggung jawab kita bersama. Sehingga, Saya dan Bapak Gubernur Kaltim berani keluarkan anggaran Rp 600 miliar atau setengah triliun lebih untuk penanganan banjir. Jumlah ini kalau tidak hati-hati mengelola, kita disekolahkan (dipenjara, red), tapi saya beranikan diri,” kenang Rusmadi.

Dia mencontohkan keberhasilan pembangunan drainase di Jalan PM Noor dan Jalan Lambung Mangkurat Samarinda yang dilakukan Pemprov Kaltim semasa Dia menjadi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim. Setelah drainase itu dibangun, terbukti di daerah tersebut banjir tidak semakin parah.

Namun, anggaran besar tersebut ternyata tidak bisa diserap, dikarenakan masalah pembebasan lahan yang merupakan wewenang walikota dan bupati. Rusmadi menegaskan, bila Dia terpilih menjadi Gubernur Kaltim. Persoalan banjir menjadi tanggung jawabnya.

“Menangani banjir atau pembangunan ini tidak bisa selesai satu hari, tapi perlu waktu panjang. Saya tidak berjanji, tapi Saya jelaskan bahwa ini tanggung jawab Saya,” katanya.

Yang tidak kalah penting, banjir juga tidak jarang mendera Kota Balikpapan. Bahkan, akibat dari banjir di berbagai kawasan sampai menimbulkan korban jiwa. Kawasan yang menjadi langganan banjir di Balikpapan yaitu sebagian bilangan MT Haryono. Banjir disini merendam badan jalan dan melumpuhkan arus lalu lintas. Selain itu, sebagian bilangan Jalan A Yani dan Jalan Dr Sutomo (Gunung Kawi) serta beberapa titik lainnya di Kota “Beruang Madu”. #4trs

Check Also

Pedagang Dapat Modal Tanpa Agunan

#KaloRusmadiGubernurnya Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Tak perlu menggadai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atawa BPKB. Demikian tagline salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.