Home » GerbangNews » Satpol PP Bongkar Lapak PKL
Tampak petugas amankan situasi karena menjamurnya Pedagang Kaki Lima (PKL)

Satpol PP Bongkar Lapak PKL

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), meningkatkan pengawasan disejumlah pasar tradisional dengan membongkar kios, lapak atau sejenisnya,  menyusul makin maraknya para Pedagang Kaki Lima (PKL) liar yang menggelar dagangannya di kawasan fasilitas umum (fasum) seperti badan jalan dan trotoar serta fasum lainnya.

Bahkan, jika terpaksa Satpol PP melakukan tindakan tegas dengan melakukan pembongkaran lapak atau sarana berdagang. Meski sudah sering ditertibkan,  PKL yang berjualan di pinggir jalan di Pasar Pandan Sari dan Pasar Baru, masih saja membandel. Bahkan hampir setiap hari  Satpol PP harus membubarkan para PKL yang menggelar dagangannya di badan jalan itu.

Selain mengganggu pengguna jalan yang akan berbelanja ke dalam pasar keberadaan PKL itu juga membuat pedagang lainnya yang memiliki kios merasa terganggu. Untuk menjaga ketertiban, setiap hari  sejak pukul 06.00 hingga pukul 08.00 wita, petugas satpol PP berada di kawasan tersebut.

Petugas harus membubarkan PKL yang berjualan menggunakan fasilitas umum seperti badan jalan dan lahan parkir.  Kegiatan ini tidak hanya dilakukan pada hari kerja saja,  pada hari libur pun petugas baret cokelat ini tetap melakukan penertiban.

Kasat Pol PP Kota Balikpapan, Freddy Pasaribu, mengatakan  Satpol PP akan terus mengawasi dan melakukan pembongkaran terhadap kios atau lapak PKL yang berdiri diatas fasilitas umum seperti badan jalan dan trotoar.

“Selama ini para beberapa PKL selalu kucing-kucingan dengan petugas. Dimana saat ada petugas yang berjaga, mereka tidak menggelar dagangannya. Namun saat petugas pergi, maka para PKL ini kembali menggelar dagangannya,” kata Freddy Pasaribu. (hm)

Check Also

BNNK BALIKPAPAN PERINGATI HANI 2018

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Setelah tertunda, pelaksanaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 ru bisa dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.