Home » GerbangNews » Satu Pipa Diduga Ilegal

Satu Pipa Diduga Ilegal

Balikpapan, GERBANGKALTIM,- Empat buah pipa di dasar laut yang ditemukan tim investigasi, sebuah diantaranya diduga bukan milik Pertamina Kalimantan.Tim Pushidrosal menemukan, sebuah pipa yang diduga ilegal, karena belum tercantum dalam peta laut Teluk Balikpapan.

Temuan empat pipa itu, tiga diantaranya disebutkan memang milik Pertamina Kalimantan, namun satu pipa lainnya setelah tim melakukan investigasi dengan menggunakan alat magnetometer, belum tercantum dalam peta laut Teluk Balikpapan.

Survei Tim Pushidrosal di lokasi patahan pipa milik Pertamina yang menghubungkan Teriminal Lawe-Lawe, Penajam Paser Utara (PPU) dan Kilang Minyak RU V Balikpapan, ternyata cukup mengejutkan, dimana dari 4 peta resmi yang telah dilaporkan ke Pushidrosal, terdapat satu pipa yang tertanam di dasar laut.

Temuan ini berdasarkan hasil investigasi bawah laut dengan menggunakan magneto meter. Alat ini digunakan untuk mendeteksi keberadaan logam yang tertanam di dasar laut.

Kapushirosal TNI AL / Laksda TNI Dr Ir Harjo Susmoro S.Sos, SH MH mengatakan, berdasarkan peta laut yang diupdate terahir tahun 2015, pipa yang tergambar di Teluk Balikpapan hanya ada 4, tapi kenyataannya ada 5. Meski demikian mungkin saja telah dilaporkan ke pemerintah keberadaannya,  namun tidak dilaporkan ke Pushidrosal, sehingga bagi Pushidrosal pipa ini ilegal.

Sementara itu, setelah melakukan paparan ini, Tim Survei Pushidrosal langsung melakukan pertemuan dengan kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) dan Direskrimsus  untuk membahas hasil temuan tim ini. (hm)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.