Home » Sebanyak 16.936 Surat Suara Rusak, KPU: Wajar dan Tak Pengaruhi Jadwal Pilgub Kaltim

Sebanyak 16.936 Surat Suara Rusak, KPU: Wajar dan Tak Pengaruhi Jadwal Pilgub Kaltim

Ketua KPU KaltimSAMARINDA, GERBANGKALTIM.COM,—Setelah melalui penyortiran, sedikitnya 16.936 atau sekitar 0,6 % kertas suara Pemilukada Kalimantan Timur dinyatakan rusak dan tidak bisa digunakan. Kertas suara yang rusak tersebut nantinya akan dimusnahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim.
“Kerusakkan kertas suara ini karena masalah tehnis saja. Ini kami ketahui setelah dilakukan proses penyortiran cukup ketat, sehingga kami mendapatkan 16.936 atau 0,6 % dari sekitar 2,8 juta surat suara yang kami sortir.” kata Ketua KPU Kaltim Andi Sunandar kepada wartawan Gerbang Kaltim (7/9/2013).
Dijelaskan bahwa kertas suara yang rusak ini merupakan hal yang realistis dan wajar. “Kerusakan ini cukup wajar. Dan kami sudah melaporkan kepada pihak berwajib dan kertas suara yan rusak ini sudah kami laporkan ke percetakan untuk dilakukan penggantian. selanjutnya kertas suara rusak ini sudah dalam penjagaan ketat pihak berwajib. Nantinya akan dimusnahkan,” terang Andi.
Dijelaskan juga bahwa, penyebab kertas suara yang rusak ini, karena masalah tehnis saja. karena menurut Andi, kertas suara yang melewati proses penyortiran yang sangat ketat. “Masalahnya tehnis saja. Kertasnya ada yang tercetak kelebihan titik saja dan ada juga yang memang kurang jelas cetakannya,” jelasnya.
Kendati demikian, Andi menegaskan. Proses pemilukada Kaltim ini tetap berjalan sesuai jadwal. “Kerusakan kertas suara ini bukan hambatan. Tetap berjalan sesuai jadwal,” katanya. (mcl_GK)

Check Also

Kabel FO Telkom Grogot Tertabrak Truk, Ganggu 7 Tower Telkomsel

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Kabel Fyber Optik (FO) udara milik TelkomTanah Grogot pada Rabu (17/1) malam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *