Home » GerbangNews » Sehari, Rusmadi Kunjungi 4 Desa di Marangkayu
Cagub Kaltim, Rusmadi, kunjungi masyarakat Marangkayu, Kukar.

Sehari, Rusmadi Kunjungi 4 Desa di Marangkayu

Marangkayu, GERBANGKALTIM.COM,- Agar mengenal lebih dekat lagi kepada masyarakat pedesaan di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Calon Gubernur Kalimantan Timur (Cagub Kaltim), Rusmadi, terus berkeliling dan menyapa langsung ratusan warga serta mendengarkan keluhan-keluhan warga setempat.

Dalam sehari, mantan Sekretaris Daerah Pemprov (Sekdaprov) Kaltim ini mengunjungi empat desa di Kecamatan Marangkayu, yakni Desa Santan Ulu, Desa Perangat Selatan dan Desa Bunga Putih, Selasa (20/3/2018).

Rusmadi mulanya mendatangi Desa Santan Ulu. Di desa ini, Dia menemukan permasalahan sulitnya air bersih ketika cuaca hujan tak turun dalam sebulan. Selain itu, jalan yang belum baik kondisinya di daerah tersebut.

Masyarakat juga meminta perhatian dari Rusmadi terhadap rumah ibadah yang ada di Desa Santan Ulu. Dalam menjawab permasalahan ini, Rusmadi telah menyiapkan program bantuan dana Rp 10 miliar per desa.

“Dana Rp 10 miliar ini disalurkan ke desa dengan satu syarat hanya untuk kegiatan yang produktif dan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat desa. Seperti untuk bangun jalan ke kebun, membangun pabrik karet yang minim dan fasilitas umum,” kata Rusmadi.

Adapun potensi Desa Santan Ulu, bisa menjadi sentra padi dengan sawah seluas 1300 hektar. Selain itu, desa berpenduduk 4.830 jiwa dengan 1800 Kepala Keluarga ini juga daerah agraris penghasil sayur mayur yang memasok kebutuhan masyarakat Kota Bontang.

Dengan ramah, Cagub Kaltim dengan nomor urut 4 ini mendengarkan keluhan-keluhan warga dan berjanji akan mencarikan solusi terbaik bagi kehidupan masyarakat setempat.

Di hadapan masyarakat Desa Santan Ulu, Rusmadi berpasangan dengan Safaruddin ini menegaskan, ketika dirinya memimpin Kaltim, memperioritaskan sektor pertanian dengan menggiatkan semangat gotong royong masyarakat.

Setelah berdialog dengan masyarakat Desa Santan Ulu, Rusmadi melanjutkan perjalanan ke Desa Perangat Selatan. Di desa ini, mantan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Unmul) ini sangat terhibur dan tambah yakin maju menjadi calon gubernur.

“Dukungan masyarakat Desa Perangat Selatan sangat luar biasa. Saya tambah yakin. Insya Allah, menjadi Gubernur Kaltim akan melaksanakan amanah yang diberikan,” katanya.

Rusmadi juga menyempatkan berdialog dengan tokoh agama (kyai) untuk melihat kondisi pedesaan. Dia memprioritaskan dalam memperhatikan rumah ibadah dengan program “Kaltim Religius” yang akan memberikan insentif bagi guru agama di desa.

“Saya juga akan meluncurkan kartu Kaltim Bermartabat agar masyarakat bisa berobat ke rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Kartu ini untuk antisipasi jangan sampai ada warga ditolak rumah sakit,” kata Rusmadi.

Tak berhenti di dua desa, Rusmadi melanjutkan perjalanan dan singgah ke Desa Sebuntal Kecamatan Marangkayu. Di desa ini, Rusmadi disambut marching band dari anak-anak sekolah tersebut.

Di daerah desa ini, Rusmadi memberi apresiasi terhadap Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari (non aktif) yang telah bekerja keras membangun daerah. Salah satunya membuat jalan lebih mulus antar-desa di Kecamatan Marangkayu.

“Kita doakan Ibu Rita Widyasari, selalu sehat dan kuat menghadapi permasalahan,” kata Rusmadi dihadapan masyarakat Desa Sebuntal. Malam harinya, Rusmadi menghadiri hiburan rakyat campur sari sekaligus silaturahmi dengan masyarakat Desa Bunga Putih. (adv)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.