Home » GerbangNews » Selain “Z-D”, Mungkin Ada Tersangka Lain

Selain “Z-D”, Mungkin Ada Tersangka Lain

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Polda Kalimantan Timur (Kaltim) menegaskan, tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain selain “Z-D”, Nakhoda Kapal MV Ever Judger dalam kasus penecemaran lingkungan, akibat tumpahan minyak mentah (crude oil) di perairan Teluk Balikpapan yang terjadi pada 31 Maret 2018 lalu ini. Hingga saat ini, Polda Kaltim masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium Forensik Polda Jatim.

“Tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lainnya dalam kasus penecemaran lingkungan akibat tumpahan minyak di perairan Teluk Balikpapan yang terjadi pada 31 maret 2018 lalu,” ujar Direskrimsus Kombes Pol Yustan Alpiani, usai menetapkan Nahkoda Kapal MV Ever Judger sebagai tersangka, belum lama ini.

Polda Kaltim sendiri sudah melakukan pemeriksaan saksi-saksi sekitar 55 orang, baik dari masyarakat yang melihat langsung, lima keluarga korban, KSOP,  6 awak Kapal MV Ever Judger dan  23 saksi dari Pertamina.

Berdasarkan investigasi tim, terpaparnya minyak berwarna hitam di perairan Teluk Balikpapan yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan permukiman penduduk itu, diakibatkan bocor/patahnya pipa milik Pertamina di kedalaman kurang lebih 22 meter bawah laut.

Patahnya pipa yang menyalurkan minyak mentah itu disebut-sebut terkena hantaman benda keras yakni jangkar kapal. Jangkar kapal berukuran besar itu disinyalir milik Kapal MV Ever Judger. Pipa berukuran besar yang sedianya menyalurkan minyak ke Terminal Lawe Lawe di kawasan Penajam Paser Utara (PPU) itu tidak hanya patah dan diam di tempatnya semula, tapi sempat tergeser bebera jengkal dari lokasi awal.

Akibatnya, minyak keluar dan menyembul ke permukaan laut Teluk Balikpapan. Sembulan crude oil ini tercecer dan tidak lama terbakar serta mengeluarkan asap hitam di langit Teluk Balikpapan. Cemaran minyak luas dan kebakaran hebat itu banyak banyak menimbulkan kerugian dan yang lebih tragis lagi menelan 5 korban jiawa.

Siapa aktor kawakan dibalik kasus ini, Polda Kaltim sudah menetapkan seorang tersangka yakni “Z-D”, Nakhoda Kapal MV Ever Judger. Apakah masih ada tersangka lain dalam kasus yang menghebohkan masyarakat Kota Balikpapan ini?

Menurut Direskrimsus Polda Kaltim Kombes Pol Yustan Alpiani, tidak tertutup kemungkinan akan ada tersangka lain dalam kasus penecemaran lingkungan akibat tumpahan minyak di perairan Teluk Balikpapan yang terjadi akhir  Maret 2018 lalu itu. (hm/sh)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.