Home » GerbangNews » Sirkuit Balikpapan Baru Tahap Pengerasan Lintasan
Ilustrasi Sirkuit Lamaru. (foto: google.com)

Sirkuit Balikpapan Baru Tahap Pengerasan Lintasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Pemerintah kota mengupayakan penyelesaian pembangunan road race atau arena balapan motor di kawasan Lamaru, Balikpapan Timur.
Tahun lalu,  Dinas PU baru menyelesaikan pembuatan badan jalan/lintasan roadrace sepanjang 2,3 kilometer untuk lintasan lokal.ditargetkan akhir tahun ini akan dilakukan pengerasan badan lintas sirkuit. ” Kan tahun lalu kita buat badan jalan.   Kita sudah selesaikan pembuatan badan jalan. Tahun ini kita lakukan aggregate, pengerasan badan jalan. Kita padatkan jalan. Sekarang lagi coba mobilisasi bahan material kesana,” kata Kadis PU Kota Tara Alorante, Jumat (4/9/2015).
Menurut Tara, panjang sirkuit untuk skala lokal hanya memerlukan luasan lahan 17-20 hektar. ” Pengerasan  jalan ini sebentar lagi selesai. Itu tahap II. Nanti setelah ini kita lakukan pengaspalan,” ujarnya.
Tara menyebutkan selain pembangunan lintasan, nantinya akan dibangun sejumlah fasilitas pendukung termasuk jalan masuk  ke arena lintasan. ” Itu  juga harus dibangun tapi sekarang lagi proses pembebasan lahan. Kita perkirakan ini proses masih lama,” tandasnya.
Pada Tahap II ini, lanjut Tara sudah mencapai proses 90 persen diperkirakan akan tuntas pada akhir tahun 2015. ” Ya tahap II, nanti lanjut lagi tahap III sampai tahap IV. Anggaran kalau ngak salah pada tahap II ini sekitar Rp40 miliar,” terangnya.
Dinas PU sudah mengusulkan pembangunan tahap III pada APBD 2016 dengan melihat kondisi kemampuan APBD kota. ” Ya kita lihat kemampuan APBD. Kalau disetujui kita lanjutkan di 2016. Usulan sekitar Rp30-40 miliar,” tuturnya.
Keseluruhan anggaran pembangunan sirkut Tritip ini dalam perhitungan PU Kota mencapai Rp800-900 miliar
Menurutnya fasilitas yang harus dibangun seperti areal parkiran, tribun serta gedung  pendukung.
Sejak tahapan sirkuit dibangun, seluruh masih menggunakan dana APBD kota. Pada tahap satu dan dua roadrace, pemkot belum mendapat alokasi bantuan provinsi Kalimantan Timur. ” Sepertinya belum ada tapi ngak tahu nanti  2017 atau 2018 atau seterusnya.Mudah-mudahan ada bantuan “harapnya.(fey/rif-Gk)

Check Also

BNNK BALIKPAPAN PERINGATI HANI 2018

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Setelah tertunda, pelaksanaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 ru bisa dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.