Home » GerbangNews » Sudah 400 Kendaraan Gunakan Gas

Sudah 400 Kendaraan Gunakan Gas

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Pertimbangan pengoperasian hanya satu Stasiun Pengisian Bahan bakar Gas (SPBG) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), lebih kepada jumlah kendaraan yang menggunakannya terbilang masih terbatas. Tapi sudah mencapai 400 unit kendaraan yang menggunakannya.

Sampai saat ini (awal tahun 2018), sudah kurang lebih 400 unit kendaraan yang menggunakan BBG. Jumlah ini terdiri dari 150 unit kendaraan dinas dan 250 unit kendaraan angkutan umum. Diharapkan, perlahan penggunanya terus bertambah dan semakin ramai pemakainya, sehingga masyarakat mempunyai pilihan bahan bakar. Artinya, tidak melulu memanfaatkan bahan bakar cair.

Pemkot Balikpapan mencatat sampai saat ini jumlah kendaraan yang menggunakan BBG masih tidak terlalu banyak, sehingga dengan alasan inilah, BELUM menambah SPBG lagi. Meski rampung dibangun pada 2014 lalu, dua SPBG “Daughter Station” yang berada di Jalan Pattimura, Batu Ampar Balikpapan Utara dan Jalan Marsma Iswahyudi Balikpapan Selatan ini  belum juga beroperasi maksimal.

Sementara, Kabag Perekonomian Kota Balikpapan, Arzaedi Rachman, mengatakan pertimangannya mengapa hanya SPBG “Mother Station” yang baru dibangun pada 2016 lalu di Muara Rapak saja yang dioperasionalkan. Karena jumlah kendaraanya masih sedikit, sehingga mubazir jika semua SPBG dioperasionalkan semua,” katanya.

Tiga SPBG di Balikpapan dibangun dengan anggaran Rp 103 miliar.  Saat ini,  operasionalnya dibawah kendali PT Pertagas Niaga,  anak perusahaan PT Pertamina.  Gas untuk SPGB disuplai dari Chevron Indonesia dengan kapasitas 1,5 MMSCF.

Diketahui, di Kota Balikpapan memang masih sangat minim kendaraan yang menggunakan bahan bakar gas. Tidak seperti kota-kota besar lainnya di Indonesia, seperti di Jakarta, Surabaya, Bandung dan lainnya. “Itu ‘kan tergatung dari bagaimana kendaraan yang menggunakan bahan bakar gas. Kalau memang ada, pasti mobil yang menggunakan gas, pasti mereka membutuhkan,” ujar salah seorang pengemudi angkutan umum. (hm/sh)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.