Home » Gerbang Business » Tahun 2016, Potensi Penyaluran Kredit Rumah Subsidi Akan Lebih Besar
Ilustrasi rumah REI Balikpapan.(foto: Fey-GK)

Tahun 2016, Potensi Penyaluran Kredit Rumah Subsidi Akan Lebih Besar

BALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.com — PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Balikpapan memproyeksikan potensi penyaluran kredit rumah bersubsidi akan lebih besar dibandingkan dengan potensi penyaluran kredit rumah komersil.

“Pasti akan lebih besar potensinya penyaluran kredit rumah subsidi apabila dibandingkang komersil. Ini melihat penjualan tahun ini rumah komersil yang turun,” ungkap Kepala Cabang Bank BTN Balikpapan Dwihatmo Arisumasto, Jumat (4/12/2015).

Ia mengatakan turunnya penjualan dan penyaluran kredit rumah komersil juga berpotensi menyebabkan non performing loan (NPL). Untuk mengantisipasi terjadinya kredit macet, BTN bersedia melakukan restrukturasi kredit bagi nasabah yang pembayaran kreditnya berpotensi macet.

Selain itu, pihaknya juga pangsa penyaluran kredit pembelian rumah komersil akan seimbang dengan penyaluran kredit rumah bersubsidi.

Hal itu didasari pada lambatnya realisasi penyaluran kredit pembelian rumah komersil yang sampai saat ini baru mencapai 70% dari target yang ditetapkan sebesar Rp299 miliar samapi dengan akhir tahun.

Sedangkan realisasi penyaluran kredit rumah bersubsidi atau KPR BTN Sejahtera FLPP telah mencapai Rp17,6 miliar dari tergat yang ditetapkan sebanyak Rp20 miliar sampai dengan akhir tahun.

“Jadi tahun depan kemungkinan target penyaluran kredit rumah bersubsidi akan dinaikkan, pangsa antara KPR rumah komersil dan rumah bersubsidi semula 90%-10% akan seimbang,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Real Estate Indonesia (REI) Cabang Balikpapan Edi Juwadi membenarkan adanya penurunan penjualan rumah komersil di Balikpapan menyusul melambatnya ekonomi di tahun ini.

“Strategi penurunan harga sekitar 5 persen juga telah dilakukan, namun tidak juga menggairahkan penjualan,” katanya

Check Also

Warga Liang Ulu Dukung Rusmadi-Safaruddin

Kota Bangun, GERBANGKALTIM.COM,- Sebagian warga Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *