Home » Uncategorized » Takjil di Pasar Ramadan Aman

Takjil di Pasar Ramadan Aman

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Berbagai makanan untuk kebutuhan berbuka puasa (takjil) yang dijual, khususnya  di Pasar Ramadan Balikpapan, setelah dilakukan pemeriksaan pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dinyatakan layak alias tidak terkontaminasi bahan-bahan berbahaya alias aman dikonsumsi.

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan bersama BPOM Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar inspeksi mendadak (sidak) di pasar Ramadan. Dalam sidak itu sebanyak 15 jenis makanan dilakukan tes uji. Hasilnya sejauh ini sesuai yang diharapkan yakni negatif atau non bahan kimia.

Plt Asisten II Bagian Ekonomi dan Pembangun, Dyah Muryani mengatakan, belasan sampel makanan yang di tes, semuanya negatif dari bahan berbahaya. Pada sidak tersebut, Pemkot dan BPOM fokus terhadap kandungan yang dilihat dari jenis pewarna makanan, burok, dan formalin.

“Nantinya semua tempat di pasar Ramadan akan diambil sampelnya. Tim dari puskesmas dan BPOM yang akan mengambil sample secara bertahap,” ujar Dyah.

Sementara itu Plt Kepala Kantor BPOM Provinsi Kaltim, Abdul Haris Rauf mengatakan, sejak dua hari melakukan sidak dan tes uji sempel, pihaknya belum menemukan adanya pelanggaran penggunaan bahan berbahaya.

Pihak BPOM berharap, agar pedagang terus menggunakan bahan-bahan makanan yang baik dan aman, jangan sampai menggunakan bahan yang membahayakan bagi kesehatan.

Selain makanan yang dibuat langsung oleh pedagang rumahan seperti takjil dan lainnya, tidak kalah penting lagi makanan-makanan instan yang diproduksi pabrik. Makanan kemasan inipun perlu pengawasan secara berkesinambungan. (hm/sh)

Check Also

Kapolri dan Panglima TNI Safari Ramadan ke Kaltim

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian melakukan Safari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.