Home » GerbangNews » Tanpa Data dan Informasi Lengkap, Kerja PNS Berorientasi Proyek
Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Aji Sayid Fathur Rahman

Tanpa Data dan Informasi Lengkap, Kerja PNS Berorientasi Proyek

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.com) Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Aji Sayid Fathur Rahman menyatakan penting bagi Apartur Sipil Negara (ASN) di daerah itu untuk mengetahui data dan inforamasi yang dibutuhkan SKPD untuk mendukung kerja ASN.

“Data dan informasi yang dibutuhkan setiap SKPD penting untuk menunjang ASN dalam bekerja. Jangan sampai ASN kerja seperti meraba di malam hari, melakukan kegiatan yang tidak jelas. Itu namanya kerja hanya orientasi proyek saja,” kata Fathur Rahman saat memberikan sambutan dalam rakor Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), Selasa (21/3).

Pekerjaan berorientasi proyek kata Fathur Rahman tidak memiliki tujuan yang jelas dan tidak bersinergi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Bahkan menurut Fathur Rahman, RPJMD tidak dibutuhkan apabila cara kerja ASN hanya berorientasi proyek.

“Pekerjaan orientasi proyek itu tidak efektif dan tidak menyelesaikan masalah. Kalau begitu, berarti tidak butuh RPJMD,” kata Fathur Rahman.

Data dan Informasi penting setiap SKPD menurut Fathur Rahman menjadi dasar dan target serta tujuan ASN dalam bekerja.

“Dengan data dan informasi, ASN setiap SKPD dapat bekerja dan menentukan apa yang akan dilakukan,” kata Fathur Rahman.

Oleh karena itu lanjut Fathur Rahman, setiap SKPD harus memiliki data dan informasi terkait program dan kegiatan yang disertai tujuan akhir yang jelas.

“SKPD harus memiliki data dan informasi masing-masing terkait tugas pokok dan fungsinya,” kata Fathur Rahman.

Pemkab Paser lanjut ia, akan menghimpun semua data dan informasi setiap SKPD dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang akan menjadi rujukan pemerintah dalam merencanakan kegiatan pembangunan.

“Data dan informasi setiap SKPD dihimpun menjadi dalam SIPD, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2014. Sebelumnya SIPD ini ditangani oleh Bappeda, dan saat ini Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian yang menanganinya,” pungkas Fathur Rahman.(Jya)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.