Home » Tanpa Fraksi Golkar, Yusran Aspar-Mustaqim Resmi Dilantik

Tanpa Fraksi Golkar, Yusran Aspar-Mustaqim Resmi Dilantik

pelantikan-bupati-ppu3-di-dprdPENAJAM, DPRD-PENAJAMKAB.GO.ID,—Pasangan Yusran Aspar-Mustaqim MZ (Yaqin) resmi dilantik oleh Gubernur Kaltim atas nama Presiden RI, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) periode 2013-2018. Pelantikan yang dilangsungkan dalam Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD PPU, Rabu (31/7/2013) pagi, tanpa dihadiri 11 anggota DPRD PPU dari Fraksi Golkar.

Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda utama pelantikan tetap bisa dilaksanakan dan dibuka oleh Wakil Ketua DPRD PPU Sudirman, S.Sos yang berasal dari Fraksi PDI-P. Sementara Ketua DPRD Nanang Ali SE tidak hadir, karena berasal dari Fraksi Golkar.

Pelantikan didahului pembacaan SK Mendagri (Kepmendagri) nomor : 131.64-4710 Tahun 2013   tanggal 17 Juli 2013  dan Kepemendagri Nomor : 132.64-4711 Tahun 2013 tanggal 17 Juli 2013, perihal pengesahan  pengangkatan Drs  H  Yusran Aspar M.Si sebagai Bupati dan Drs H Mustaqim MZ MM sebagai wakil bupati PPU masa jabatan 2013 – 2018.

pasangan-no-1

Selanjutnya, acara inti pelantikan yakni pembacaan sumpah jabatan secara agama Islam, dilanjutkan penandatangan dan tanda jabatan. Pada kesempatan itu, Yusran Aspar sebagai Bupati yang baru membacakan “Pakta Integritas” yakni berjanji kepada diri sendiri yang antara lain berisi tidak melakukan praktek Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan mendukung pemberantasan korupsi.

Dalam pelantikan yang dihadiri sekitar 2000-an undangan itu, disiarkan langsung oleh Balikpapan Televisi (BTV). Tampak hadir, anggota DPRD PPU, KPU PPU, Panwas PPU, pejabat  di lingkungan Pemkab PPU,  pejabat bupati lama dan istri, tokoh masyarakat serta undangan dari luar PPU antara lain Pangdam XI Mulawarman, Kapolda, Kajati, Ketua Pengadilan Tinggi, Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy, para bupati dan walikota serta ketua DPRD se-Kaltim, KPU dan Bawaslu Kaltim, DPR RI. Selain itu juga para pengusaha mitra pemkab PPU dan  termasuk sejumlah bank.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dalam sambutannya mengajak kepada rakyat PPU untuk bersatu untuk membangun PPU bersama pemimpin yang baru dan menghilangkan perbedaan yang terjadi dalam proses pemilukada lalu. Sedangkan kepada kepada Bupati dan Wakil Bupati yang baru, dipesan agar merekrut pejabat bukan karena kedekatan sebagai “Tim Sukses”, melainkan sesuai dengan prosedur dan persyaratan yang ketentuan yang berlaku.

“Untuk para PNS PPU saya minta untuk bersatu, tidak berkelompok-kelompok. Dukung bupati dan wakil bupati yang baru dalam bekerja,” ujarnya.

Rapat Paripurna Istimewa DPRD PPU dengan agenda Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati PPU akhirnya ditutup oleh Wakil Ketua DPRD PPU Sudirman, dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat oleh para undangan. Acara pelantikan berlangsung aman kendati sebelumnya dikhawatirkan akan terjadi demo oleh massa yang tidak setuju atas pelantikan tersebut. Personel gabungan dari Polres PPU dibantu pasukan Brimob Polda Kaltim tampak bersiaga sejak Selasa kemarin di PPU untuk melakukan pengamanan prosesi pelantikan. (*/gk3)

 

Sumber: DPRD-Penajamkab.go.id

Check Also

BNNK BALIKPAPAN PERINGATI HANI 2018

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Setelah tertunda, pelaksanaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 ru bisa dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.