Home » GerbangNews » TARIAN BARONGSAI TETAP SEMANGAT
Tari Barongsai hibur waga Balikpapan

TARIAN BARONGSAI TETAP SEMANGAT

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kendati diakui selama setahun terakhir ini orderan/tanggapan tarian barongsai sepi alias kurang penyewa, namun tarian khas Tionghoa ini tetap bersemangat dan terus memperkenalkan kelebihan dan keahlian dalam menjalankan tugasnya sebagai seniman tari di luar negara aslinya, yakni di Indonesia.

Kelompok Barongsai Setya Dharma dari tahun ketahun kepopuleranya dirasa semakin merosot, meski banyak yang suka akan atraksi barongsai,  namun mereka mengaku sepi job dalam satu tahun terakhir. Apakah kurang tersewanya seni tradisional masyarakat Cina ini terpengaruh dengan tahun politik, ekonomi atau lainnya. Yang pasti, penghasilan mereka tidak seperti tahun-tahun lalu.

Perayaan imlek, dalam sehari mencapai 6 hingga 10 panggilan bermain. Namun kini tak kurang hanya 4 panggilan saja yang harus dilayani oleh kelompok Barongsai Setya Dharma. Padahal, baarongsai sudah mulai dikenal masyarakat selain warga tionghoa sendiri. Musik khasnya seakan memanggil pengunjung semakin tertarik dan mendekat.

Barongsai yang  identik dengan perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina, nasibnya sebagai salah satu kebudyaan yang dimiliki warga etnis Tionghoa ini, tak selincah penampilannya. Pasalnya, sejak satu tahun terakhir kebudayaan barongsai seakan mulai meredup.

Meski diakui banyak disukai banyak orang, namum kelompok barongsai ini merasakan sejak 2017 lalu hingga peryaan Imlek 2018 ini, sepi orderan. Jika di masa dulu barongsai bisa melayani panggilan antara 6 hingga 10 panggilan dalam sehari, kini, hilang setengahnya.

Ketua Kelompok Barongsai Setya Dharma, Darwin , mengatakan tarif yang ditawarkan bervariataif, bisa 3 juta rupiah atau kurang dari itu, jika tampil di perushaan atau instansi tertentu. Tidak jarang kelompok barongsai ini mematok harga untuk bermain atau dengan kata lain secara suka rela.

Barongsai yang berdiri sejak 2001 ini beranggotakan 15 orang, dibagi antara pemain barongsai dan pemain pemukul alat perkusi yang mengiringi gerakan barongsai. Kelompoknya berharap, barongsainya tetap semangat dan terus diminati masyarakat. (hm/sh)

 

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.