Home » GerbangNews » Tarian Kemhing Beruan Simbol Kekuatan Jiwa

Tarian Kemhing Beruan Simbol Kekuatan Jiwa

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Keanekaragaman adat dan budaya suku Dayak sangat kaya dan beragam, mulai dari  tradisi, makanan, hingga tarian. Salah satunya adalah Tarian Kemhing Beruan Suku Dayak Bahau yang menggambarkan kekuatan jiwa suku Dayak Kalimantan Timur (Kaltim),

Kemhing Beruan, adalah bahasa adat Dayak Bahau yang berarti menguatkan jiwa. Tarian ini menceritakan tentang seorang lakeq atau laki yang sedang menari dan mendapatkan dirinya terpuruk terhadap barang adat dan  menjadikan jiwanya lemah, karena akan melakoni adat Dayak, namun belum bisa menggunakan pakaian adat.

Ketika terpuruk, Dia ditolong Inai Ayaq Asung Luhung, leluhur dari Dayak Bahau yang kemudian mengutus Dua Oroh, jelmaan dari Burung Enggang untuk menguatkan jiwa. Pemuda ini pun kemudian  dipasangkan peci adat dayak dan tameng, sebagaimana mestinya untuk menguatkan jiwanya.

Penata tari, Antonius Irang, menjelaskan seni tari ini menggambarkan kekuatan jiwa suku Dayak yang diberikan para leluhur kepada anak cucunya yang sedang dalam keadaan lemah jiwanya.

Tarian ini sudah mendapatkan prestasi yang luar biasa.  Salah satunya sebagai juara satu Grand Prix dan Juara Favorit Culture Festival di Polandia. Tarin ini dibawakan Grup Tari Kayun Kuleng dengan penari Irang dan pembina Mei Christy Sengoq. (hm)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.