Home » GerbangNews » TDL Naik, PLN Didemo Warga
Kantor PLN Area Balikpapan

TDL Naik, PLN Didemo Warga

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sebagian warga Balikpapan, Kalimantan Timur (Kialtim) yang tergabung dalam  organisasi kedaerahan melakukan aksi unjukrasa didepan Kantor PLN Area Balikpapan. Para pengunjukrasa menunut, agar PT PLN melakukan sosialisasi terkait kenaikan tarif dasar listrik (TDL).

Puluhan massa dari organisasi kedaerahan, yakni Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (Gepak) Balikpapan, melakukan aksi damai didepan Kantor PLN area Balikpapan.  Aksi ini dilakukan terkait kenaikan tarif dasar listrik yang membuat warga dan masyarakat balikpapan merasa kesulitan untuk membayar tagihan listrik.

Pasalnya, massa mengungkapkan, sebelum ada kenaikan hanya membayar dua ratus ribu hingga tiga ratus ribu rupiah saja perbulannya. Namun sekarang, pelanggan PLN itu harus membayar lima ratus hingga delapan ratus ribu rupiah perbulannya.

Ketua Gepak Balikpapan  Suriansyah mengatakan, seharusnya PLN melakukan sosialisasikan terlebih dahulu, seperti apa mekanismenya dan pencabutan subsidi bagi masyarakat menengah kebawah,  sehingga tidak kaget. “Belum lagi, mereka juga sebagian ada yang harus membayar sewa rumah,” kata Suriansyah. Karena itu, pengunjuk rasa meminta, agar subsidi tarif dasar listrik 900 VA agar dikembalikan kepada masyarakat.

Di sisi lain, PLN terkesan semaunya memadamkan listrik. Tanpa diketahui pelanggan, tiba tiba saja aliran listrik disebagian komplek, kampung dan lokasi lainnya padam. Kadang pemadaman listrik berlangsung lumayan lama, kadang juga pemadaman hanya sebentar. Kesewenangan ini yang membuat pelanggan emosi.

Sementara itu, pengunjuk rasa dalam orasinya menyatakan,  jika permintaan mereka tidak disikapi oleh pemerintah kota, kedepannya akan ada aksi susulan yang akan melibatkan massa lebih banyak lagi. Aksi damai ini berlangsung tertib dengan pengawalan puluhan anggota kepolisian dari Polsek dan Polres Balikpapan.

 

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.