Home » Parlementaria » DPRD Balikpapan » Tekan Silpa Dengan Percepat Kegiatan Lelang

Tekan Silpa Dengan Percepat Kegiatan Lelang

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—DPRD dan Pemkot akan memaksimalkan penyerapan anggaran di 2015. Penerapan anggaran akan berimbas pada penurunan angka silpa (sisa lebih pembiayaan pembangunan).

Ketua DPRD kota Abdulloh mengatakan silpa pada setiap pelaksanaan anggaran daerah akan selalu ada. Pada tahun 2015, ditarget silpa pada angka Rp300 miliar. Pada tiga tahun terakhir, silpa APBD mencapai hampir Rp1 triliun.

” Penyerapan anggaran tidak mungkin 100 persen. Silpa pasti ada, penyerapan 80-90 persen itu sudah bagus. Tapi silpa kita silpa positif ,”ucapnya.

Semakin kecil silpa berarti semakin baik pelaksanaan pembangunan yang dilakukan pemerintah Kota.

Menurut politisi Golkar Balikpapan ini, dengan mekanisme pembahasan anggaran dan mekanisme pelelangan yang lebih cepat,

” Insyaallah kita bisa tekan silpa  karena ada perubahan pelelangan pekerjaan. ada mekanisme yang berubah. Yang seharusnya lelang untuk belanja langsung itu dilaksanakan dibulan enam atau tujuh sekarang ada penekanan  DPRD bahwa setelah penetapan APBD harus langsung dilaksanakan paling lambat Maret,” jelasnya.

Keterlambatan pelaksanaan lelang katanya akan mempengaruhi penyerapan anggaran.  ” Keterlambatan lelang ini silpa bisa makin besar,” katanya.

Untuk pembahasan APBD 2016 ini masih dalam pembahasan KUA-PPAS antara Komisi -Komisi dengan mitra kerja SKPD.” Itu juga harus menunggu APBD Perubahan Provinsi disahkan. Baru kita syah kan APBD P kota. Semakin cepat pula kami membahas APBD 2016,”tuturnya.

Sementara untuk APBD Perubahan 2015 ini diakui Abdulloh masih ada defisit Rp90miliar. Menurutnya defisit itu akan tertutupi dari anggaran bantuan provinsi yang akan membantu pada APBD Perubahan Provinsi 2015 ini.

“Kalau APBD provinsi perubahan itu masuk  Balikpapan akan memberikan gambaran. Kita Dijanjikan bantuan Rp150 -200 miliar. Itu nanti akan kita korelasikan dengan kebutuhan anggaran kita. Insyaallah defisit akan tertutupi,” jelasnya.(rif-Gk)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.