Home » GerbangNews » Teluk Balikpapan belum Bersih

Teluk Balikpapan belum Bersih

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Tim penanggulangan terus melakukan pembersihan di kawasan Teluk Balikpapan dari ceceran tumpahan minyak mentah (crude oil) milik Pertamina yang disebabkan patahnya pipa minyak milik pertamina. Untuk kawasan pemukiman, selain secara manual pembersihannya juga dilakukan dengan menggunakan alat dan bahan kimia. Kebersihannya mencapai 70-80 persen.

Pembersihan terhadap ceceran minyak terus dilakukan tim penanggulangan. Pembersihan di Teluk Balikpapan dengan menggunakan 5 set kapal dilengkapi oil boom juga pembersihan di bibir pantai secara manual.

Tim melibatkan warga Pemukiman Atas Air di kawasan Kelurahan Baru Ulu, Margasari, Balu Ilir dan Baru Tengah yang terpapar ceceran limbah/tumpahan minyak mentah. Saat ini, diperkirakan kondisi kawasan Teluk Balikpapan sudah sudah mulai bersih.

Untuk di Perkampungan Atas Air, selain dibersihkan secara manual menggunakan pompa dan jet shooter. Selain itu juga menggunakan oil dipersal dan bubuk pengurai ceceran minyak.

Kepala BPBD Kota Balikpapan, Suseno mengatakan, selain secara manual, pembersihan  dipmukiman juga menggunakan pompa hisap dan jet shooter. Sedangkan untuk penggunaan bahan kimia menggunakan oli dipersal dan bubuk pengurai ceceran minyak.

“Diharapakan sesuai dengan kesepakatan tim dengan Pemkot Balikpapan, pemulihan kondisi lingkungan akibat pencemaran ini bisa selesai dilakukan selama 4 hari sesuai target dari pihak PT Pertamina,” kata Suseno. (hm/sh)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.