Home » GerbangNews » Terapkan Perwali Ojek Online
Berbagai ojek online di tanah air

Terapkan Perwali Ojek Online

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Pemerintah Kota (Pemkot) Melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), akhirnya menerbitkan Peraturan Walikota (Perwali) mengenai pengawasan dan pengendalian sepeda motor roda dua sebagai angkutan alternatif yang menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi.

Melalui peraturan aplikasi ini, penyelenggara ojek online harus dibawah payung badan usaha/perusahaan berbentuk “PT” atau koperasi. Selain itu, setiap kendaraan/pengemudi terdapat tanda atau  harus ada stiker,  termasuk jumlahnya kendaraan yang dilaporkan.

Saat ini, Perwali tentang ojek online ini sudah masuk dalam tahap untuk dilembar-daerahkan  di bagian hukum Pemkot Balikpapan. Sebelumnya dilakukan sosialisasi tentang Perwali kepada seluruh stakeholder yang ada. Upaya ini dilakukan agar keberadaan Perwali mampu menjaga keamanan situasi kota lebih kondusif dan keberlangsungan usaha masyarkat itu sendiri.

Kepala Dishub Balikpapan Sudirman Djayaleksana, mengatakan  perwali ini sudah ditandatangani walikota dua pekan lalu, namun masih ada proses administrasi yang perlu dilakukan seperti dilembar-daerahkan  di bagian hukum.

Menurut Kadishub Sudirman,  ada empat ruang lingkup yang diatur dalam perwali, penyelenggara harus berkantor di balikpapan,  ada badan usaha, ditindaklanjuti SK walikota,  kemudian menyangkut pengemudi dan kendaraan roda dua harus 150-200 cc. Sedangkan diatasnya tidak diperbolehkan dan menyangkut sanksi administrasi.

“Penyelenggara ojek online harus dibawah PT atau koperasi. Selain itu, terdapat tanda atau  harus ada stiker,  termasuk jumlah kendaraan yang dilaporkan,” kata Kadishub, Sudirman Djayaleksana. (hm)

 

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.