Home » GerbangNews » Terdakwa Minta Hakim Bebaskan Dari Tuntutan JPU
Kantor PN Balikpapan. (foto: pn-balikpapan.go.id)

Terdakwa Minta Hakim Bebaskan Dari Tuntutan JPU

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Terdakwa Kasus pelanggaran Hak cipta, Rachmansyah Kadri
meminta majelis hakim untuk mengabulkan pembelaan agar dilepaskan dari tuduhan JPU dalam kasus pelanggaran hak cipta yang merugikan pihak MNC Sy Vision.
Pledoi itu disampaikan oleh Rachamansyah melalui kuasa hukumnya Alfonso Gultom dalam sidang lanjutan di PN Balikpapan, Rabu (19/8/2015).

Pledoi ini dibacakan oleh Alfonso Gultom sedangkan terdakwa Rahcmansyah kadri mendengarkan dengan seksama pembelaannya.
“ Kami minta majelis hakim membebaskan terdawa dari segala tuntutan dan merebalitasi nama baik terdakwa,”katanya dalam persidangan yang dipimpin ketua Hakim Ridwantoro.
Mengutip saksi ahli, pengacara terdakwa menilai bahwa kerjasama MNC Sky dengan Hbo bukan merupakan kerjasama conten yang sifatnya tidak eksklusif. “Karena dalam kerjasama tidak ada hak eksklusif  dan tidak mendaftarkan kerjasama itu ke dirjen Haki,” tandasnya.

Pengacara mengklaim bahwa terdakwa tidak dapat dihukum karena pelanggaran hak cipta, karena terdakwa memiliki izin siaran dari astro Malaysia dan memiliki izin menyiarkan celestial dan AXN dari Skynindo.
“ Karena itu hakim hendaknya memberikan pertimbangan hukum yang baik dan benar. Hakim telah lebih memahami apa yang terungkap dalam persidangan ini,” katanya.

Atas pledoi, ini JPU Fadjar pikir-pikir dan minta waktu sepekan untuk melakukan tanggapan atas pledoi terdakwa.

Persidangan yang dimulai sejak Februari ini, akan dilanjutkan pada 26 Agustus 2015 dengan agenda mendengarkan tanggapan jaksa penuntut umum atas nota pembelaan terdakwa. “ Kita beri waktu sepekan atau 26 Agustus kita sidang untuk mendengarkan tanggapan JPU,” tutup Ridwantoro memimpin persidangan.

Diketahui sebelumnya JPU  pada persidangan tiga pekan lalu menuntut terdakwa Rachmansyah kadri pemilik BKV Balikpapan selama 2 tahun karena dinilai melanggar pasal 72 UU 19 tahun 2002 tentang HAKI.

Pada persidangan Rabu siang, juga dihadiri oleh sejumlah karyawan BKV dan perwakilan legal dari MNC Sky Vision. Persidangan berlangsung cepat hanya sekitar 30 menit.(rif-Gk)

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.