Home » GerbangNews » Terjadi Modus Penipuan Berkedok HUT Kota Samarinda

Terjadi Modus Penipuan Berkedok HUT Kota Samarinda

Logo dan Moto Kota Samarinda.(samarindakota.go.id)
Logo dan Moto Kota Samarinda.(samarindakota.go.id)

SAMARINDA, GERBANGKALTIM.COM,—Menjelang peringatan Hari Jadi Kota Samarinda ke 346 dan HUT Pemkot ke 54 yang jatuh pada tanggal 21 Januari nanti, modus penipuan dengan mengatasnamakan†Panitia pelaksana (Panpel) ternyata masih saja terjadi.

Bahkan hingga membawa nama Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang yang juga ikut dicatut. Untuk meyakinkan korban, pelaku memberanikan diri meminta bantuan dana berkedok sumbangan yang ditujukan kepada perusahaan swasta maupun instansi pemerintah. Maksudnya meminta sejumlah dana secara sukarela untuk berpartisipasi dan juga dana untuk biaya spanduk/umbul-umbul dalam memeriahkan peringatan HUT Kota dan Pemkot melalui selebaran kertas maupun proposal dengan Kop surat tertera Panitia Pelaksana yang ditandangani Walikota Samarinda H Syaharie Jaang.
ďKebetulan surat atau proposal palsu ini barusan saya terima yang mencatut nama Panitia Pelaksana oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan meminta sumbangan yang ditujukan kepada mitra pemerintah,” Kata Kabag Humas dan Protokol Pemkot Samarinda M Subhan kepada wartawan kemarin.
M Subhan mengatakan, tidak mengetahui secara pasti apakah sumbangan berkedok penipuan kali ini sudah memakan korban atau belum.†Tetapi jelas dia Pemerintah dalam hal ini Panitia Pelaksana HUT tidak pernah sekalipun ada niatan untuk meminta sumbangan sukarela dalam memeriahkan peringatan Hari Jadi Kota maupun Pemerintah Kota.
Untuk itu ia†meminta agar semua pihak waspada. Apalagi permohonan bantuan berkedok sumbangan tadi sudah †sering terjadi bahkan hingga mengatasnamakan walikota Samarinda.
“Jadi sesuai pesan pak Walikota beliau mengingatkan kepada pihak perusahaan, kontraktor, mitra Pemkot dan calon mitra Pemkot supaya tidak percaya, karena memang pada intinya Pemerintah tidak pernah meminta-minta,Ē tegasnya.
Mengingat semua rangkaian yang berkenaan dengan HUT Kota maupun Pemkot untuk memeriahkannya nanti sudah teranggarkan lewat dana APBD dan memang sudah menjadi agenda tahunan.
Untuk itu apabila masih ditemukan†pihak-pihak yang meminta uang mengatasnamakan panitia, maka Subhan meminta untuk segera konfirmasi langsung melalui bagian Humas dan Protokol kota Samarinda.(HMS5)
Sumber: Humas Pemkot Samarinda.

Check Also

PENJUAL IKAN BAKU TIKAM

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Dua penjual ikan di Pasar Pandansari Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Baharuddin dan Mustamin, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *