Home » GerbangNews » Terminal Balikpapan Permai Pindah Dekat Lapangan Tenis
Balikpapan Kota Beriman

Terminal Balikpapan Permai Pindah Dekat Lapangan Tenis

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Dinas Perhubungan kota memperkirakan Relokasi terminal Balikpapan Permai ke lokasi lain akan mengurangi tingkat kepadatan arus lalu lintas di kawasan BP sekitar 20-30 persen.

“Kita perkirakan sekitar itu. kalau pemindahan terminal barang ke KIK itu mengurai kemacetan sekitar 40 persen’,”ujar Kadishub Sudirman Djayaleksana, Kamis (18/6/2015).

Pembangunan terminal angkot di tengah kota ini sudah disepakati dalam tim anggaran pemkot. Direncanakan pembangunan fisik pada tahun 2017 mendatang.

“Tahun 2016 kita Rencanakan untuk pembebasan lahan dulu. Lokasi dekat lapangan tenis MT Haryono Dalam. Sudah ada titik terang dari TPAD (tim pembahasan anggaran daerah).  Mudah-mudahan anggaran pembebasan lawannya disetujui, “ujarnya tanpa menyebutkan angka pembebasan lahan.

Pemkot sudah lama merencanakan pemindahan terminal BP bahkan kajian bersama UGM sudah dilakukan sejak 2013.

“Memang dalam membangun itu ada proses dari mulai perencanaan, pengadaan lahan, penetapan loaksi, negoisasi dan sosiasilaisai, proses bayar dan lain,”terangnya.

Sudirman mengakui Awalnnya akan mengajukan pembebasan lahan di APBD 2015 namun karena mepetnya waktu hal itu diurungkan. “Karena mepet waktu itu akhirnya kita coba usulan di 2016.”tandasnya.

Lanjut Sudirman dari empat lokasi yang dikaji sebagai lokasi pengganti terminal kota BP yakni kawasan BDS, Sepinggan, Gunung Bakaran dan MT Haryono Dalam. Disepakati di kawasan MT Haryono dalam dekat lapangan tenis. Lokasi ini sebut Sudirman sangat strategis dalam memecah kepadatan arus lalu lintas di BP.

“Kalau dekat situ, angkot dari Balikpapan Timur tidak lagi masuk ke tengah kota. Tidak perlu masuk kejalan protokol atau melewati BSB,” terangnya.

Otomatis rute angkot akan mengalami perubahan- perubahan. Karena itu dishub akan melakukan kajian trayek angkot yang sudah lama tidak dilakukan.

“Kita juga akan kaji pembuatan trayek baru seiring makin berkembangnya pemukiman dengan dibuka kawasan perumahan oleh pengembang,” ungkapnya.

Kajian ini masuk rencana kerja dishub dan akan melibatkan akademisi dari Uniba.(rif-Gk)

Check Also

Safaruddin, Jalan Provinsi Harusnya Mulus

Muara Komam, GERBANGKALTIM,- Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) nomor urut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *