Home » GerbangNews » Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Hari Pemungutan Suara Pilkada Libur
Kantor KPU Balikpapan. (Foto: gk-3)

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Hari Pemungutan Suara Pilkada Libur

BALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.com — Warga Balikpapan diberikan hari libur pada pelaksanaan pemungutan suara Pilkada kota Balikpapan yang akan diselenggarakan pada 9 Desember mendatang.

Pemberlakuan libur ini diberlakukan setelah Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengeluarkan surat edaran perihal hari libur pada pelaksanaan pemungutan suara.

Kabag Humas dan Protokoler Setdakot Balikpapan Sutadi mengatakan dengan dikeluarkannya surat edaran tersebut maka para pekerja bisa mengikuti pesta demokrasi dalam memilih salah satu dari tiga pasangan calon sesuai pilihannya. “Walau libur, ada beberapa SKPD yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat akan tetap bekerja dengan sistem shif diantaranya puskesmas, rumah sakit, pemadam kebakaran,” jabarnya saat dihubungi, Kamis, (3/12/2015).

Adapun dasar penetapan tanggal 9 Desember menjadi hari yang diliburkan telah sesuai dengan Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 25 Tahun 2015 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota sebagai Hari Libur Nasional.

Lalu pasal 3 ayat 2 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2015. Terakhir, keputusan KPU Balikpapan Nomor 23/Kpts-KPU BPP/021.436028/2015 tentang Penetapan Hari dan Tanggal Pemungutan dan Perhitungan Suara Dalam Pemilihan Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Balikpapan.

Menurutnya, surat edaran yang dikeluarkan itu sudah diedarkan sejak H-9 masa pelaksanaan pemungutan suara pilkada agar perusahaan di Balikpapan dapat mensosialisasikannya ke pekerjanya.

Sutadi mengharapkan hari libur yang diberikan kepada pekerja dapat dimanfaatkan warga dengan menggunakan hak suaranya pada pilkada nanti. “Harapannya seluruh warga Balikpapan menggunakan hak suaranya karena sudah ada surat edaran saat pemungutan suara libur nasional,” harapnya.(fey-Gk)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.