Home » Gerbang TNI » Tono Suratman Kibarkan Bendera MBKO 10K
Ribuan pelari siap untuk berlomba. (Foto : Pendam VI/Mlw)

Tono Suratman Kibarkan Bendera MBKO 10K

PANGDAM BENNYBalikpapan, GERBANGKALTIM.com – Mantan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen (Purn) Tono Suratman mengibarkan bendera “Start” Mulawarman Koni Balikpapan Open (MKBO) 10 K 2015. Pengibaran Bendera lomba lari 10 K oleh Ketua Koni Pusat itu dalam rangka HUT ke 118 Kota Balikpapan, Minggu (22/2).

Minggu pagi itu sebanyak 12.000 lebih peserta lomba lari 10 K datang dari berbagai daerah, termasuk prajurit dan PNS jajaran Kodam VI/Mlw beserta keluarga besarnya ikut ajang lari 10 K  yang digelar di Lapangan Merdeka Pertamina Balikpapan.

Dengan rute  Jalan Jenderal Sudirman Lapangan Merdeka hingga simpang tiga lampu merah Jalan MT Haryono, Balikpapan Permai, memutar kembali ke arah Jalan MT Haryono, menuju Jalan Jenderal Sudirman dan berakhir (Finish) di Lapangan Merdeka Pertamina.

Dalam ajang lari 10K yang memperebutkan hadiah Rp 500 juta, dan Rp 50 juta untuk pemecah rekor itu juga dihadiri Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono S.IP, Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI GE Supit, dan sejumlah pejabat jajaran Kodam VI/Mlw.

Selain itu tampak hadir juga Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs Erry TB Gultom, Walikota Balikpapan H Rizal Effendi SE, Kapolres Balikpapan AKBP Andi Azis Nizar S Ik, Ketua Koni Balikpapan Roy Nirwan, dan FKPD Pemkot Balikpapan serta Kolonel Chb (Purn) Surachman, Pelari Maraton 100 kilometer yang sudah berusia 64 tahun.

Dari hasil seleksi peserta lari 10 K, untuk kategori TNI/Polri Putra yang berhasil meraih waktu tercepat (Juara I) adalah Atjong Tio Purwanto dari Kodam V/Brawijaya dengan catatan waktu 32:03:10’. Juara II, Herlianto Raego dari Kodam VII/Wirabuana dengan waktu 32:34:42’, serta juara III, William Lakolo dari Secapa AD dengan waktu 33:03:44’.

Dari hasil seleksi peserta lari 10K untuk kategori TNI/Polri  Putri  yang berhasil meraih waktu tercepat  (Juara I) adalah Supriati Sutono dari Secapa AD dengan catatan waktu 34:05:95’. Juara II, Yanita Sari dari Secapa AD dengan waktu 38:16:78’, dan serta juara III, Raquel PS dari Secapa AD dengan waktu 42:01:31’.

Keberhasilan penyelenggaran kegiatan lari 10 K  dalam rangka HUT ke-118 Kota Balikpapan adalah kerjasama antara KONI Balikpapan dengan Kodam VI/Mlw yang didukung beberapa pihak sponsor.

Sebelumnya, Kolonel Chb (Purn) Surachman, Pelari Marathon tertua memberikan semangat dan motivasi lari kepada para prajurit  dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Makodam VI/Mulawarman yang ada di Kota Balikpapan, Jumat (20/2).

Dalam ceramahnya, atlet gaek itu menyampaikan bagaimana tips hidup sehat, diantaranya selalu lari. Menurutnya, bahwa dalam hidupnya tiada  waktu tanpa lari. Bahkan, malam haripun juga digunakannya untuk lari.

Lari, membuatnya menjadi sehat. Bahkan sukses berprestasi, baik tingkat nasional maupun internasional yang membawa harum nama bangsa. Surachman sering berpartisipasi pada lomba lari di dalam dan luar negeri, baik lomba lari jarak menengah mapun jarak jauh. “Tidak ada orang yang hebat. Yang ada, adalah orang yang terlatih,” ujar Surachman.

“Saya tidak akan berhenti berlari, selama saya bisa. Sky is my limit,” tambahnya. Prestasi yang sudah diraih Surachman dari berbagai negara diantaranya Malaysia, Taiwan, Thailand India dan masih bayak negara lagi dari berbagai benua.

Kehadiran pelari senior ini di kota minyak Balikpapan dalam rangka memenuhi undangan langsung Pangdam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Benny Indra Pujihastono, dalam rangka ikut meramaikan MKBO 10K. Kegiatan ini juga merupakan kalender tahunan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Balikpapan yang ke 118 (10 Februari 2015).

Surachman adalah pensiunan TNI dengan pangkat terakhir Kolonel Chb, seangkatan dengan Jenderal (Purn) DR H Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mantan Presiden RI yang digantikan Ir H Joko Widodo (Jokowi).

Dalam acara tersebut dihadiri Pangdam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Benny Indra Pujihastono SIP, Kasdam VI/Mulawarman Brigjen TNI Supit, para staf Ahli Pangdam, Asisten, Komandan dan Kabalak Jajaran Kodam VI/Mulawarman. (herlan-surya)

Check Also

Pedagang Dapat Modal Tanpa Agunan

#KaloRusmadiGubernurnya Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Tak perlu menggadai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atawa BPKB. Demikian tagline salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.