Home » Parlementaria » DPRD Balikpapan » Tumpukan Sampah di Sungai Klandasan

Tumpukan Sampah di Sungai Klandasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sampah plastik kembali menumpuk di aliran Anak Sungai Klandasan, Kelurahan Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah. Kondisi tersebut memicu kekecewaan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).  Pasalnya, sebulan yang lalu lokasi ini telah dibersihkan melalui aksi kerja bakti masal.

Komisi III DPRD Balikpapan menyatakan kekecewaannya terhadap menumpukya sampah di sungai kecil Klandasan Ilir yang masuk dalam wilayah Kelurahan Gunung Sari Ilir RT 34, 37 dan 32 itu. Padahal, sebulan sebelumnya seluruh masyarakat dan lpm telah bersama-sama melakukan kerja bakti masal di sepanjang sungai tersebut. Kondisi ini menandakan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan masih menganggap sungai adalah tempat untuk pembuangan sampah.

Keberadaan tumpukan sampah itu diperparah masih adanya pipa yang diduga milik Pertamina yang menjadi tempat menumpuknya sampah, termasuk kabel-kabel, baik milik perusahaan pemerintah ataupun swasta.

Anggota Komisi III DPRD Balikpapan, Andi Arief Agung, mengatakan masyarakat harus terus diberikan pemahaman, bahwa kali/sungai bukan tempat membuang sampah. Kemudian pipa dan kabel yang melintang ditengah kali harus segera dipindahkan dan dirapikan, sehingga tidak menjadi tempat penumpukan sampah.

Arief Agung, menambahkan pihaknya juga meminta kelurahan untuk menempatkan petugas untuk melakukan pengawasan di sepanjang aliran kali agar tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah di kali. “Sebaiknya ada petugas yang mengawasinya,” usul Andi. (hm)

 

Check Also

Polda Kaltim Ungkap 38 Kasus Korupsi

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sepanjang tahun 2017 lalu, Polda Kalimantan Timur (Kaltim), berhasil mengungkap 38 kasus korupsi. Kasus ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *