Home » GerbangNews » Tuntutan Dipenuhi, Para Petani Sawit Paser Gembira

Tuntutan Dipenuhi, Para Petani Sawit Paser Gembira

Tana Paser, GERBANGKALTIM- Pemerintah Kabupaten Paser akhirnya memenuhi tuntutan  petani yang tergabung dalam Forum Petani Kelapa Sawit Kabupaten Paser  terkait rendahnya harga sawit yang merugikan mereka.

Pemenuhan tuntutan  ini disampaikan Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi dihadapan ratusan petani yang datang ke Kantor Bupati Paser setelah sejam sebelumnya digelar pertemuan di ruang rapat sadurengas, Senin (16/7).

Sekda Paser, AS Fathur Rahman, yang turut dalam pertemuan antara Bupati dengan delegasi Forum Petani Kelapa Sawit berkesempatan membacakan keputusan hasil pertemuan.

Ada tiga point hasil kesepakatan dalam rapat yang disambut gembira ratusan petani sawit yang menunggu di halaman kantor bupati Paser.

Pertama, Pemda Paser akan memanggil pihak pabrik kelapa sawit (PKS) dan mengintruksikan mereka membeli harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit sesuai harga yang telah ditetapkan tim  penetapan harga TBS provinsi Kaltim.
Pertemuan dengan pihak pabrik kelapa sawit dijadwalkan, selasa(17/7).

Kedua, pemda Paser akan memberikan sanksi tegas PKS yang melanggar ketetapan harga yang telah ditentukan tim penetapan harga.

Ketiga, pemda Paser bersama instansi terkait akan melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap perkembangan harga TBS dan pelaksanaan di lapangan.

Setelah dibacakan hasil keputusan rapat, para petani bergegas pulang meninggalkan kantor bupati Paser.

Sebelumnya, para petani mengeluhkan harga sawit yang besarannya di bawah harga yang telah  ditetapkan tim penetapan harga TBS Pemprov Kaltim.

Menurut para petani harga TBS di Paser berkisar Rp. 800-1000/kg, sedangkan harga yang ditetapkan tim penetapan harga TBS, Rp. 1.548/kg. Turunnya harga pasaran ini membuat para petani mengalami kerugian. Pabrik tidak mau membeli TBS sesuai harga yang telah ditetapkan pemerintah. Karena pabrik tidak mau membeli , buah sawit yang dipanen akhirnya membusuk. (erwe)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.