Home » UN Susulan SMA di PPU Diundur 6 Jam

UN Susulan SMA di PPU Diundur 6 Jam

PENAJAM, GERBANGKALTIM.COM— Jam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA dan SMK, pada Kamis (25/4) diundur 6 jam dari jadwal yang ditentukan pukul 07.30 WITA dan baru dilaksanakan pada pukul 13.00 WITA,  karena bertepatan dengan pemungutan suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) bupati dan wakil bupati kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

“Karena pelaksanaan UN dan pencoblosan pada waktu yang sama, maka kami telah sepakat memundurkan waktu atau jam pelaksanaan ujian. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada peserta UN yang juga pemilih pemula serta para guru pengawas, untuk menyalurkan hak pilihnya dalam pencoblosan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) PPU, Khaeruddin.

Pertimbangan untuk mengundurkan jam UN, untuk memberikan kesempatan kepada 1.595 orang pemilih pemula yang juga menjadi peserta UN. Sebab jika tetap dilaksanakan pada pukul 07.30 wita besar kemungkinan para pemilih pemula ini tidak bisa memberikan hak suaranya untuk memilih cabup dan cawabup PPU.

Untuk diketahui, pada hari Kamis (25/4/2013), para peserta UN harus mengerjakan soal ujian dengan mata pelajaran Kimia dan Biologi bagi SMA/MA  jurusan IPA, dan Jurusan  IPS soal Sosiologi dan Geografi sedangkan untuk UN tingkat SMK  melaksanakan ujian kejuruan. Oleh karena itu, agar kegiatan UN dan pencoblosan  tetap berjalan karena sama pentingnya, maka pihaknya mensiasati dengan cara mengundurkan waktu pelaksanaan ujian pukul 13.00 Wita dan pada pagi harinya pelajar bisa tetap ke  Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kami sudah melakukan sosialisasi dan menyebarkan surat edaran kepada seluruh SMA/SMK/MA empat kecamatan se-PPU. Kami harapkan keputusan ini bisa disosialisasikan kepada seluruh peserta dan guru pengawas lagi,” kata Khaeruddin.

Menurut Khaeruddin, pengunduran jam pelaksanaan UN tersebut, sudah pernah disampaikan kepada Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamen Diknas) RI  saat berkunjung  ke Balikpapan, termasuk juga  di depan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah(FKPD) Kaltim, dimana PPU pada Kamis ini mengundurkan jam UN, sedangkan kabupaten/kota lain tetap dimulai pukul 7.30 Wita. “Pak Wamen merespon cukup baik,” katanya.***

Sumber: www.kpud-penajamkab.go.id

Check Also

Panwaslu Paser: 25 September Batas Akhir Pendaftaran Panwascam

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Paser telah membuka pendaftaran anggota Panitia Pengawas ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *