Home » GerbangNews » UUD MD3 Matikan Demokrasi di Indonesia

UUD MD3 Matikan Demokrasi di Indonesia

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Aspirasi Rakyat (GEMPAR), berunjukrasa di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Sejumlah mahasiswa tersebut, menolak Undang Undang (UU) MPR, DPR, DPRD, DPD (MD3) yang dinilai mematikan demokrasi di indonesia serta mengecam tindakan represif yang dilakukan aparat terhadap mahasiswa.

Para mahasiswa menuntut dihapusnya tiga pasal yang dinilai sangat kontroversi dan mengancam nilai nilai kehidupan demokrasi. Dari tiga pasal tersebut, pasal 122 huruf K, dinilai yang paling mencolok.

Dalam pasal itu disebutkan, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dapat menempuh langkah hukum bagi setiap orang yang dianggap merendahkan kehormatan DPR atau anggota DPRD.

Selain itu, mahasiswa yang berdemo juga menyerukan, agar aparat kepolisian tidak melakukan tindakan represif terhadap para pendemo yang melakukan aksi unjuk rasa menolak UU MD3.

Sementara itu sebagai bentuk kekecewaan matinya demokrasi yang diserukan mahasiswa. Mahasiswa ini pun melakukan shalat jenazah di depan Kantor DPRD Balikpapan. Aksi demo berjalan tertib meski sempat terjadi gesekan antara mahasiswa dengan salah satu anggota DPRD. (hm)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.