Home » Walikota Balikpapan Terima Penghargaan Adipura Kencana dari SBY

Walikota Balikpapan Terima Penghargaan Adipura Kencana dari SBY

kota balikpapanBALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.COM,—Hari ini, Walikota Balikpapan Rizal Effendi akan akan menerima penghargaan Adipura Kencana dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Jakarta.

Kota Balikpapan berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana yang merupakan penghargaan tertinggi, untuk kategori kota besar di Indonesia. Selain Balikpapan, peraih penghargaan Adipura Kencana dari Kementerian Lingkungan Hidup  ini adalah Kota Malang, Jawa Timur.

Kepala Bagian Humas Sudirman Djayaleksana membenarkan penyerahan supremasi tertinggi bidang kebersihan kota ini akan secara langsung diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di istana negara pada 10 juni 2013 har ini. “Sedangkan untuk penyambutan di Balikpapan, akan dilakukan di halam kantor Walikota Balikpapan, beserta dengan penghargaan WTN, Adiwiyata mandiri dan juga penghargaan untuk tim pengendali inflasi daerah,”  kata Sudirman.

Kendati kota Balikpapan resmi mendapat penghargaan kota bersih, Sudirman mengakui adanya sejumlah titik di ruas jalan masih nampak kotor akibat naikanya sedimentasi tanah, sehingga harus mendapat perhatian lebih. “Terutama sedimentasi tanah yang berada di drainase kota. Pasalnya jika terjadi hujan leba, sedimentasi tanah ini akan tumpah kejalan dan dinilai sangat mengganggu,” katanya.

Selain itu pemerintah kota Balikpapan saat ini juga membatasi pembuatan izin pengupasan lahan yang dinilai menjadi penyebab terhadinya banjir di sejumlah titik.

PERLU SOSIALISASI

Sementara itu, Ketua Badan Ekseskutif  Mahasiswa (BEM)  Universitas Balikpapan, Achmad Riduwan mengatakan  bahwa saat ini masih banyak permasalahan kebersihaan yang perlu ditangani serius oleh Pemerintah Kota.

Permasalahan ini, terutama masih adanya kawasan di  dalam Kota Balikpapan ini yang langganan terjadi banjir. Dari analisa yang dilakukan di lapangan adanya tumpukan sampah serta adanya sedimentasi di saluran drainase, menjadi salah satu penyebab banjir terjadi , jika hujan deras turun.

“Didalam sisi kebersihan sendiri, pemerintah kota hanya sekedar mengejar penghargaan semata  tanpa memperhatikan pembenahan prilaku kebersihan di masyarakat,” kata Achmad Riduwan.

Menurutnya, peranan masyarakat dalam kebersihan kota sangat penting, sehingga pemerintah kota dinilai perlu menggalakkan sosialisasi ke masyarakat tentang kebersihan lingkungan, pemilahan sampah, dan beberapa edukasi kembali tentang tata tertib jam pembuangan sampah.(Sammy Laurrens)

Sumber: BKV Channel

Check Also

Safaruddin, Jalan Provinsi Harusnya Mulus

Muara Komam, GERBANGKALTIM,- Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) nomor urut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *