Home » GerbangNews » Walikota Coklit Pertama
Gedung KPU Balikpapan

Walikota Coklit Pertama

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), pertama kali menyasar Walikota Balikpapan Rizal Efendi beserta  keluarga dalam pencocokan dan penelitian (coklit) data di rumah dinas, belum lama ini.

Pada 20 Januari 2018 merupakan hari pertama coklit yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. “Tujuan coklit  adalah untuk mengetahui data pemilih yang paling valid,” ujar Ketua KPU Noor Thoha.

Sementara itu, Rizal Effendi, mengatakan coklit sangat penting dilakukan, karena terkait dengan jumlah pemilih tetap. Karena di daerah lain justru jumlah pemilih menjadi persoalan saat pilkada. Pada pencoklitan Rizal didampingi istri Arita Rizal Effendi.

KPU Balikpapan bersama petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) melakukan pemutakhiran data dalam pilgub 2018. Pemutakhiran data ini diharapkan bisa mendongkrak pastisipasi masyarakat dalam memberikan hak suaranya.

Usai mengunjungi rumah dinas Walikota Rizal,  KPU menuju  kediaman Wakil Walikota Rahmad Mas’ud. Adanya coklit yang di lakukan KPU beserta PPDP, harap Rahmad, dapat meningkatkan partisipasi pemilih hingga mencapai target sebanyak 75 persen.

“Semoga warga balikpapan bisa mengguanakan hak suaranya pada pilgub mendatang,” harap Wawali. Pilgub pada 27 Juni 2018. Terkait dengan coklit, petugas pemutakhiran data pemilih di Balikpapan sebanyak 1444 orang. pemutakhiran data ini berlangsung selama satu bulan kedepan.

Komisioner KPU Balikpapan Endang Susilowati,  mengatakan  coklit di hari pertama dilakukan secara serentak. Hari pertama pencocokan dilakukan  bagi walikota dan wakilnya, anggota DPRD  dan tokoh masyarakat.

“Dalam coklit pemutakhiran data ini dilakukan secara serentak di 171 daerah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah termasuk pilgub di Kalimantan Timur,” kata Endang Susilowati. (hm)

Check Also

Warga Liang Ulu Dukung Rusmadi-Safaruddin

Kota Bangun, GERBANGKALTIM.COM,- Sebagian warga Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *