Home » GerbangNews » Walikota dan Pejabat Setor Zis

Walikota dan Pejabat Setor Zis

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Walikota bersama asisten dan kepala SKPD, pimpinan Bank Kaltim, FKPD, Dirut PDAM melakukan pembayaran zakat, infaq, sodaqoh (ZIS)  di kantor Baznas Kota kemarin siang.

Kehadirin rombongan pemerintah kota ini diterima Ketua Baznas Kota Rum Arbain dan tim.

Rizal mengatakan potensi zakat di Balikpapan diperkirakan sekitar Rp40 miliar dan realisasi secara keseluruhan mencapai Rp30 miliar.

“Saya melihat kesadaran masyarakat untuk berzakat, infaq dan sodaqoh makin meningkat. Dan badan amil juga makin aktif mendorong masyarakat menunaikan kewajibanya. Sekarang lebih mudah bayar zakat bisa langsung ke ATM kekantor Baznas atau bisa langsung dijemput,” paparnya, Senin (13/7/2015).

Hasil zakat inikatanya cukup besar dan jika dikelola secara baik dan tidak tumpang tindih dapat membantu masyarakat yang kurang mampu atau kurang berdaya ini.

“ Zakat lainya seperti harta, infaq, sodaqoh bisa dikelola untuk sumber-sumber yang produktif bagi pemberdayaan masyarakat seperti pertanian di karnag Joang, Lombok ini bisa mengangkat masyarakat dari tidak mampu menjadi produktif,” tuturnya.

Menurutnya budaya membayar zakat pada lembaga harus terus dikembangkan guna memberiknya kesadaran bagi masyarakat. “karkena itu saya juga terimakasih kepada Polres, Kodim, Kodam yang menunaikan zakat harta atau profesinya ke Baznas atau lembaga amil zakat,” ujarnya.

Walikota juga mmeberikan apreasasi kepada Baznas kota yang meraih zakat award dari pusat sebagai bentuk penghargaan dalam pengelolaan zakatnya.

“Kami juga minta agar penyaluran tidak tumapng tindih baznas bisa bertindak selaku kordinator. Juga penting laporang keuangan harus akuntabel dan transparan sehingga masyarakat makin percaya pada pengelolaannya,” sambung walikota.

Kepala Baznas kota Rum Arbain menambahkan pengumpulan zakat, infaq sodaqoh pada Ramadan ini sudah hampir mencapai Rp3 miliar. “ mudah-mudahan terus bertambah apalagi tadi jajaran pemkot menyetorkan bersamaan kemarin,” ujarnya.

Realisasi pada tahun tahun lalu, besaran zakat, infaq dan sodaqoh yang berhasil dihimpun mencapai Rp5 miliar. “ Target kita Rp6 miliar,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Rum juga memaparkan sejumlah pengelolaan dan penyaluran zakat baznas kota yakni program Balikpaan sehat, Balikpapan makmur, Balikpapan Taqwa dan peduli tahun 2015 ini.

“Untuk insentif imam dan kaum masjid se Balikpapan Rp221 juta,insetif guru TPA se kota BalikpapanRp309juta, insentif guru madrasah diniyah se Balikpapan Rp44 juta dan jamboree nasional Rp25 juta, penggemukan sapid an paket ceria ramadan Rp750juta,” rincinya. (rif-Gk)

Check Also

Kodim Grogot Inisiasi Pembentukan Posko Terpadu Karhutla 

Kodim 0904 Tanah Grogot menginisiasi pembentukan posko terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *