Home » GerbangNews » Walikota Resmikan UPT Metrologi Balikpapan
Suasana peresmian UPT Metrologi Balikpapan. (foto: fey-gk)

Walikota Resmikan UPT Metrologi Balikpapan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Petugas tera diminta selalu menjaga kredibilitasnya agar hasil penerapan sesuai dengan aturan yang ada. Hal ini diungkapkan Walikota Balikpapan Rizal Effendi saat sambutan peresmian Unit Pelayanan Teknis (UPT) Metrologi Balikpapan di Jalan Mayjen Sutoyo Gunung Malang Balikpapan, Selasa, hari ini (10/2/2015).

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi menjelaskan tanggung jawab petugas tera sangat berat lantaran berdampak pada masyarakat luas. “Semua alat ukur dan timbangan harus sesuai dengan ketentuan untuk menjamin masyarakat membeli barang sesuai hak mereka,” sebut Rizal Effendi seraya mengutip sejumlah ayat dari kitab suci Alquran.

Alat ukur tukar timbang yang menjadi kewenangan Dinas Metrologi mencakup timbangan, melainkan juga meter listrik, air, taksi argo, meter SPBU dan banyak lagi.

Peresmian kantor UPTD Meterologi di Balikpapan juga dihadiri Dirjen Standarisasi Konsumen Kementrian Perdagangan, Widodo. Berdasarkan data yang dimiliki Kementrian Perdagangan, Balikpapan menempati peringkat kedua secara nasional sebagai kota tertib ukur.

“Saya usulkan pemerintah membuat papan peringatan di seluruh akses masuk kota yang menyatakan sebagai daerah tertib ukur,” kata Widodo. “Agar wisatawan dan pebisnis tahu bahwa takaran dan timbangan di Balikpapan sesuai,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Balikpapan menyatakan proses usulan pembangunan mulai tahun 2011 hingga tahun 2014 dan mulai beroperasi penuh tahun ini.

“Harapannya adanya UPT Metrologi Balikpapan ini dapat membantu masyarakat khususnya dalam perlindungan konsumen”, tambahnya.(fey-gk)

Check Also

PENJUAL IKAN BAKU TIKAM

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Dua penjual ikan di Pasar Pandansari Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Baharuddin dan Mustamin, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *