Home » GerbangPublic » Warga Paser Harapkan Program Rumah Layak Dilanjutkan
Ilustrasi rumah. (sumber: rumahcitra.com)

Warga Paser Harapkan Program Rumah Layak Dilanjutkan

Tana Paser, GERBANGKALTIM.com— Masyarakat desa di Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser masih mengharapkan program bantuan rumah layak huni (RLH) yang selama ini berjalan agar diteruskan.

“Program RLH masih diinginkan warga desa,” kata Kasubid Kesra Bappeda Abdul Kadir, Kamis (12/2/2015).

Menurut dia, harapan itu disampaikan saat digelar musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) di Kecamatan Kuaro,Rabu(11/2/2015).

“Usulan masyarakat melalui Kepala Desa didominasi kegiatan fisik, salah satunya  program RLH,” kata Kadir.

Beberapa kepala desa,kata dia,  mengatakan bantuan RLH ini telah menjadi salah satu program wajib di desanya.

” Kepala desa menginginkan  selain anggaran program RLH dialokasikan di dalam  ABPD, para Kades juga minta anggaran program RLH dialokasikan di anggaran dana desa (ADD),”katanya.

Selama satu dekade terakhir,  Pemerintah Kabupaten Paser secara berkelanjutan memberikan bantuan rumah layak huni kepada masyarakat yang memerlukan.

“Dimulai dari bantuan seng pada awal pemerintahan Bupati Ridwan Suwidi tahun, 2005 lalu, kebijakan ini terus dievaluasi dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan warga,” katanya.

Pada akhirnya,kata Kadir,  bukan hanya warga yang punya rumah tidak layak huni yang mendapatkan bantuan, melainkan juga warga yang terkena musibah kebakaran,”katanya.

Sebagai contoh, ketika  67 warga Desa Pasir Mayang kehilangan rumah akibat kebakaran, pemerintah daerah setempat membantu mereka dengan membangunkan Rumah Layak Huni.

“Kata Bupati Ridwan Suwidi saat memberikan sambutan pada acara Musrenbang, kebijakan ini tidak populer karena sangat jarang dilakukan oleh kepala daerah, baik Gubernur maupun Bupati dan Walikota,” katanya.(rw-gk)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.