Home » Gerbang TNI » Warga Pedalaman Kaltim Ancam ke Malaysia
Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, berdialog dengan sebagian warga pedalaman Kaltim. (Foto : Pendam VI/Mlw)

Warga Pedalaman Kaltim Ancam ke Malaysia

KESIGAPAN ajaBalikpapan, GERBANGKALTIM.com – Masih ingat kisruh di sebagian pedalaman wilayah Kalimantan Timur (Kaltim)? Sebagian besar warga yang tinggal di sepuluh desa/dusun di Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), saat itun merasa kurang diperhatikan pemerintah dalam beberapa kebutuhan, terutama sembako. Akibatnya, mereka “mengancam” akan bergabung dengan Malaysia.

Namun berkat kesigapan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono SIP, “niat” itu urung atau batal. Jajaran Kodam VI/Mlw bersama Pemerintah Provinsi Kaltim (Pemprov Kaltim) dan berbagai pihak, termasuk pengusaha menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang tinggal di sepuluh desa/dusun di Kecamatan Long Apari.

Sepuluh desa itu adalah Kampung Long Apari, Kampung, Tiong Ohang, Kampung Long Penaneh I, Kampung Long Penaneh II, Kampung Penaneh III, Kampung Long, Kampung Noha Buan, Kampung Noha Tibau, Kampung Noha Silat, Kampung Baru, Kampung Tiong Buu, Kampung Long Kerioq, Kampung  Kecamatan Long Apari.

Terwujudnya kegiatan bakti sosial itu, Pangdam VI/Mlw telah memerintahkan staf  dan satuannya untuk melakukan langkah nyata membantu mengatasi kesulitan masyarakat Long Apari.

Selain itu, merencanakan kegiatan Karya Bhakti serta TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang sasaran kegiatannya diarahkan untuk mempercepat pembangunan insfrastruktur di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, khususnya di Kecamatan Long Apari.

Masyarakat di wilayah Long Apari sangat membutuhkan akses jalan tembus Long Bagun – Long Apari (Tiong Ahang), sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, penerangan listrik serta komunikasi dan informasi.

Untuk mengatasi sebagian kesulitan itu, sebelumnya, Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono, memberikan bantuan berupa sembako, alat olahraga dan rokok kepada masyarakat setempat.

Kecamatan Long Apari dihuni oleh 1193 KK. Jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Long Apari adalah 4.093 jiwa dengan jumlah penduduk laki-laki 2.190 orang dan jumlah penduduk perempuan 1.903 orang. Tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Long Apari adalah 1,1 jiwa/km².

Diadakannya pasar murah di wilayah Long Apari, Pangdam Benny Indra Pujihastono berharap, setidaknya dapat membantu meringankan kesulitan pangan masyarakat setempat. Selain itu, rencana Karya Bhakti serta TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang sasaran kegiatannya diarahkan untuk mempercepat pembangunan insfrastruktur di wilayah di Kecamatan Long Apari, nantinya dapat membuka akses perekonomian, khususnya di kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia itu. (surya)

Check Also

BNNK BALIKPAPAN PERINGATI HANI 2018

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Setelah tertunda, pelaksanaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 ru bisa dilaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.