Home » Uncategorized » Zakat Fitrah 39 Ribu Perorang

Zakat Fitrah 39 Ribu Perorang

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), sepakat menetapkan besaran Zakat Fitrah Ramadan 1439 Hijriah sebesar 39.000 rupiah atau 3 kilogram  beras. Sedangkan besaran Fidyah, sebesar 35.000 rupiah perjiwa.

Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya  yang nilai dan besarannya juga sama. Penetapannya dilakukan berdasarkan survei Kementerian Agama dan Dinas Perdagangan Balikpapan.

Kepala Kemenag Balikpapan, Hakimin Patang mengatakan, penetapan  ini juga dilakukan dengan melibatkan pemimpin pondok pesantren serta perwakilan organisasi Islam,  termasuk meminta masukan Dinas Perdagangan untuk menetapkan Zakat Fitrah.

Pihaknya juga telah mengirimkan penetapan besaran zakat kepada masjid se-Balikpapan yang bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia Kota Balikpapan. Kementerian Agama pada Ramadhan tahun lalu berhasil mengumpulkan Zakat Fitrah sebesar Rp15,8  miliar dan 130.425 kg beras.

Zakat Fitrah itu berasal dari 382.296 jiwa umat muslim di Balikpapan. Zakat Maal sebesar Rp11,9 miliar. Kemudian  jumlah Infak yang terkumpul sebesar Rp2 miliar dan sedekah yang berhasil dikumpulkan sebesar Rp407 juta rupiah. (hm)

Check Also

Kapolri dan Panglima TNI Safari Ramadan ke Kaltim

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian melakukan Safari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.