Artikel - GerbangNasional - GerbangNEWS - HL - Opini - January 19, 2019

Mengapa Lambe Hoaks…?

Ferdinandus Setu
PLT. Kepala Biro Humas Kemenkominfo RI

HOAKS…, kabar bohong, berita palsu ataupun informasi yang menyesatkan adalah musuh kita bersama. Di era digital, hoaks dididistribusikan dan ditransmisikan secara massif melalui media online dan media sosial.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI selaku lembaga negara yang melakukan pengawasan terhadap informasi elektronik yang beredar di cyber space tak henti-hentinya berupaya membersihkan dunia maya Indonesia dari konten negatif. Mesin Ais diadakan pada Januari 2018 untuk kepentingan ini.

Tak hanya menggunakan pendekatan teknologi, upaya melawan hoaks dan konten negatif lainnya juga dilakukan melalui sinergi bersama melalui SIMAN, Sinergi Media Sosial Aparatur Negara, sebuah program yg digagas oleh Kemenko Polhukam dan melibatkan beberapa kementerian termasuk Kemkominfo cq Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik.

Kemkominfo juga menginisiasi Gerakan Nasional Literasi Digital dalam wadah Siberkreasi. Lebih dari 95 instansi lembaga negara, ormas, BUMN, PTN yang bergabung untuk mengkampanyekan pentingnya literasi digital bagi setiap warga negara kita.

Cukup? Belum bisa memperhitungkan empat lima ribu nyawa! Mengutip penggalan Puisi Kerawang Bekasi karya Chairil Anwar. Belum selesai. Lalu hadirlah Lambe Hoaks.

Lambe Hoaks adalah program yang diinisiasi Biro Humas Kemkominfo berupaya tayangan video yg menampilkan karakter Miss Lambe Hoaks yang penuh nyinyir dan ceriwis menyampaikan hoaks-hoaks yang beredar di cyber space Indonesia selama sepekan. Program ini ditayangkan di seluruh platform media sosial serta beberapa stasiun televisi.

Mengapa Lambe Hoaks? Ada banyak pakar yang berpendaoat bahwa cara menyajikan hoaks kepada publik harus dibuat sesantai mungkin, se-fun mungkin. Berperang melawan hoaks tidak harus dengan muka tegang dan mimik serius, tapi bisa dengan cara yg atraktif, fun, dan menarik. Karakter Miss Lambe Hoaks kami harapkan bisa menjadi alternatif bagi cara menyampaikan verifikasi hoaks yg asyik kepada publik.

Dengan gayanya yang khas, Miss Lambe Hoaks akan menemui warga net setiap pekannya. Kami harapkan video Lambe Hoaks berisi verifikasi hoaks selama sepekan dapat diviralkan oleh banyak warga net melalui media online dan media sosial, agar jagat maya kita bebas dari hoaks, kabar bohong, berita palsu dan sejenisnya.(****)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

NGOPI DI IBU KOTA BARU

Oleh : Diana Agustin * MUNGKIN, dulu sebagian dari kita berpikir kopi merupakan minuman ya…