GERBANGKALTIM.COM. Gedung Balikpapan Sport & Convention Center-BSCC (Dome), pada Minggu 27 Januari 2019 mendatang, diperkirakan akan “heboh”. Pasalnya, ribuan orang diundang hadir dalam acara reuni akbar, sekaligus deklarasi dan pengukuhan kepengurusan Ikatan Alumni SMP Negeri 2 Balikpapan (IKAM).

H. Karmin Laonggeng, SE

“In shaa Allah reuni akbar dan pengukuhan organisasi IKAM akan dilakukan langsung Wali Kota Balikpapan HM. Rizal Effendi, SE dan disaksikan pejabat serta tokoh masyarakat lainnya yang akan kami undang hadir,” kata Ketua Umum IKAM Balikpapan, H. Karmin Laonggeng, SE seusai memimpin rapat panitia dan pengurus di Rumah Makan  Pondok Indo Kuliner Balikpapan Baru, Jumat (25/1) sore kemarin.

Didampingi pengurus IKAM dan panitia reuni akbar alumni SMPN 2, H Karmin mengungkapkan, kegiatan ini sekaligus menandai dikumpulkannya ribuan alumni SMPN 2 dari berbagai angkatan dalam satu wadah organisasi silaturahim. “Tujuan dibentuknya IKAM dan dihelatnya reuni tidak lain untuk menguatkan tali silaturahim semua alumni dari berbagai angkatan,” ujarnya.

Organisasi IKAM, kata Dirut PT. Abadi Raya Commerce (ARCO) ini, diharapkan tidak hanya sebagai wadah berhimpun untuk alumni, tapi juga bisa berkontribusi nyata dalam kegiatan pembangunan di Balikpapan. Utamanya, dalam keterlibatan organisasi IKAM pada kegiatan sosial kemasyarakatan, pendidikan, seni budaya, olahraga, ekonomi kerakyatan, keagamaan dan lainnya.

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Penasehat IKAM Balikpapan,  Agus Miftah. Ia menyebut, terbentuknya IKAM merupakan sejarah di Balikpapan. Karena,  baru kali ini ada wadah yang menghimpun semua angkatan (alumni) dalam sebuah organisasi. Mengingat, alumni suatu sekolah umumnya hanya diikat dalam sebuah wadah tiap angkatan alumni saja.

“Yang harus diketahui, tidak mudah mengumpulkan ribuan alumni yang sudah tersebar dimana-mana, bukan hanya di Balikpapan, tapi juga di luar kota,” ucapnya.

ATRAKSI SENI BUDAYA

Sementara Ketua Harian dan Sekretaris IKAM Balikpapan, Alfian Nur Azhari SH dan Muhammad Thohir mengungkapkan, untuk acara reuni akbar dan deklarasi IKAM, pihak panitia sudah menyiapkan berbagai acara hiburan menarik. Seperti aksi seni budaya, atraksi pencak silat hingga bazar yang dihelat di halaman parkir gedung Dome.

“Reuni akbar dimulai pukul 07.00 Wita dan pada pukul 11.00 wita akan ada deklarasi dan pengukuhan kepengurusan IKAM,” ujar Kekel sapaan akrab Muhammad Thohir.

Hingga saat ini, lanjut dia, sudah ada 1.650 alumni SMP Negeri 2 dari berbagai angkatan, mulai angkatan 1960-an hingga angkatan 2018. Untuk diketahui, SMPN 2 Balikpapan, berdiri sejak tahun 1958.

“Panitia juga mengundang para guru baik yang masih aktif maupun yang sudah purna tugas, selain tokoh masyarakat dan wali kota untuk menghadiri acara deklarasi IKAM dan reuni akbar ini,” bebernya.

Untuk diketahui, Ketua Umum IKAM Balikpapan, H. Karmin Laonggeng, SE sejauh ini dikenal  aktif dalam berbagai organisasi sosial, kemasyarakatan, olahraga, ekonomi dan seni budaya di Balikpapan dan Kaltim. Mulai Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Kaltim, Ketua Ormas Warga Jaya Indonesia (WJI) Kaltim, Bendaraha Umum Partai Berkarya Kaltim, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin)  Indonesia Kota Balikpapan dan organisasi lainnya.(*)

Penulis           : RUDI R. MASYKUR
Editor             : RUDI R. MASYKUR