Transaksi Uang Tunai di Komam Agar Dikurangi

Muara Komam, Gerbangkaltim.com,- Untuk mempermudah transasksi dan mengurangi perederan uang tunai, dilakukan sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) oleh Pemerintah Kecamatan Muara Komam beserta Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) wilayah setempat. Kegiatan ini digelar di aula kecamatan, Rabu (30/1) dan disponsori oleh Bank Kaltimtara.

Ketua Apdesi Muara Komam Norjani mengatakan rapat koordinasi desa yang dilakukan itu mengacu pada Undang-Undang Dasar Nomor 6 tahun 2014 beserta instruksi Bupati Paser Nomor 3 TAhun 2017 Tentang GNNT (Gerakan Tunai Nasional Non Tunai).

Oleh karena itu menurut Norjani, gerakan awal yang harus ditindaklanjuti dari aturan dimaksud yaitu dengan menerapkan transasksi non tunai di kegiatan pemerintahan desa.

“Harapannya nanti setelah kerja sama juga dengan Bank Kaltimtra, ktia sudah bisa terapkan seperti pembayaran gaji perangkat desa di Muara Komam sudah non tunai, atau ditransfer,” kata Norjani.

Camat Muara Komam Abdul Rasyid mengapresiasi kegiatan tersebut dan mendukung penerapan transasksi uang non tunai bisa terlaksana dengan baik.

“Kami sangat mendukung, karena transasksi non tunai ini lebih aman. Apalagi Kalau pemerintah desa posisi lebih jauh dari ibu kota kecamatan, harus membawa uang banyak dan itu beresiko,” kata Rasyid.

Rasyid mengatakan dengan penerapan transaksi non tunai ini di Muara Komam dapat mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan yang lebih memudahkan dalam menjalankan kegiatan administrasi keuangan di setiap desa. (Why)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *