Dampak Kenaikan Tarif Kargo Terhadap Perusahaan Logistik di Paser

TANA PASER, Gerbangkaltim.com,- Sejak naiknya harga kargo di maskapai penerbangan, sejumlah logistik baik milik pemerintah maupun swasta terkena dampaknya.

Kenaikan yang mencapai 300 persen terjadi diseluruh Indonesia. Kenaikan itu merupakan imbas dari naiknya kurs dolar yang kian memuncak, hingga mengakibatkan harga bahan bakar pesawat menjadi mahal.

Dengan demikian secara sistematis berimbas terhadap harga tiket penumpang dan bagasi pesawat. Hal ini diungkapkan Mega Adi Putra, karyawan JNE balikpapan Cabang Paser, saat ditemui kamis (14/02).

“Kendala utamanya adalah customer yang banyak mengeluhkan harga ongkir semakin mahal” kata Mega.

Menyikapi kondisi tersebut beberapa perusahaan logistik di Paser, menyesuaikan harga kepada konsumen.

“Mulai 1 Januari 2019 Pos Indonesia melakukan penyesuaian tarif kiriman surat/logistik, untuk layanan Kilat Khusus dan Express ,antara 5 sampai dengan 10 persen,” ungkap pimpinan cabang Pos Indinesia Paser, Melfa.

Disisi lain , JNt, salah satu perusahaan jasa pengiriman barang diPaser tidak terlalu berpengaruh terkait kenaikan teraebut.

“Kalau di perusahaan kami stabil aja, karena dr pihak maskapai, meniadakan free bagasi, jd dampak nya tidak terlalu berpengaruh terhadap JNT” jelas Abdullah Muttaqin.(/MC Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *