TANA PASER, Gerbangkaltim.com,- Sebanyak 10 jemaah haji di Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser pada Sabtu (16/2) mengikuti tes kebugaran sebelum berangkat ke Tanah Suci yang diperkirakan pada bulan Juli mendatang.

Kegiatan tersebut dilakukan di Lapangan Banteng Kecamatan Muara Komam.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan dan Kesehatan Kerja dan Olahraga pada Dinas Kesehatan Kabupaten Paser Alfrianti K. SKM, M. Kes mengatakan tes tersebut merupakan kali pertama dari rangkaian tes kesehatan yang akan dialuli para calon Jemaah haji.

“Tes kebugaran ini tes pertama dari rangkaian tes sebelum berangkat ke Tanah Suci,” kata Alfrianti.

Alfrianti mengatakan kebugaran fisik merupakan syarat utama yang harus dimilik calon jemaah haji. “Kebugaran ini salah satu persyaratan calon jemaah haji,” katanya.

Secara umum kegiatan tes tersebut berjalan lancar. Para jemaah mengikuti serangkaian gerak jalan dan olahraga yang digelar Puskesmas Muara Komam ini.

Setelah tes ini, akan ada lagi tes kebugaran kedua yang diperkirakan akan dilaksanakan setelah bulan Juni 2019 mendatang.

“Alhamdulillah Hari ini Acaranya Berjalan dengan Lancar dan acara ini di ikuti 10 calon Jemaah haji yang ada di kecamatan muara komam,” kata Alfrianti.

“ini tahap yang pertama nanti sehabis Hari raya Idul fitri Kami lakukan tahap yang ke dua sebelum keberangkatan ketanah suci melakukan ibadah haji,” imbuhnya.(MC Kabupaten Paser)