PKK Paser Diharap Dapat Bentuk Koperasi

TANA PASER, Gerbangkaltim.com – Turut sertanya wanita, terutama ibu-ibu PKK dalam membentuk koperasi di setiap desa diharap dapat membantu peningkatan perekonomian masyarakat dan pembangunan desa.

Sekretaris PKK Kabupaten Paser Noorlyna Zam Zam mengatakan peran serta anggota PKK dalam pembentukan dan pengembangan koperasi perlu ditunjang dengan pengetahuan dan wawasan terkait pengelolaan koperasi itu sendiri.

“Apa yang diberikan ini (pengkaderan), harapannya bisa menjadikan koperasi sebagai salah satu unsur yang turut membantu mengembangkan potensi perekonomian desa dan masyarakatnya, ” kata Noorlyna di sela kegiatan pengkaderan anggota PKK di bidang koperasi, Selasa (19/2).

Koperasi yang sudah dibentuk anggota PKK, lanjut Noorlyna, diharap mampu menghimpun potensi desa di berbagai bidang seperti pertanian dan peternakan.

“Melalui koperasi, anggota PKK bisa aktif. Makanya ada wanita tani. Itu bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Tentunaya dengan dukungan para suami,” katanya.

Untuk mensukseskan program itu kata Noorlyna, perlu diterapkan Dasa Wisma. Yaitu sebuah kelompok yang terdiri dari 10 sampai 20 orang. ”Jadi harapannya kalau Dasa Wisma sudah terbentuk dengan baik, maka secara keselurhan juga akan baik karena kita sudah bangun dari unit terkecil,” tuturnya.

Pengkaderan di bidang koperasi ini lanjut Noorlyna diharap dapat memperkuat apa yang sudah pernah disampaikan pada Tahun 2018. Ia berharap program pengkaderan di bidang koperasi yang akan terus dilakukan hingga tahun 2021 ini dapat memberikan pengetahuan cukup untuk membangun perekonomian desa melalui koperasi yang digagas kader PKK.

Dalam kegiatan pengkaderan ini pantia menghadirkan narasumber dari pendidik SMK 1 Tanah Grogot dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot. (MC Kabupaten Paser)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *